Fahd A Rafiq Dukung Kemhan Dorong Kementerian dan Lembaga Perkuat Program Bela Negara

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq mendukung Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang mendorong kementerian dan lembaga (K/L) untuk memperkuat Program Bela Negara.

Fahd A Rafiq Dukung Kemhan Dorong Kementerian dan Lembaga Perkuat Program Bela Negara
Fahd A Rafiq Dukung Kemhan Dorong Kementerian dan Lembaga Perkuat Program Bela Negara. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Fahd A Rafiq, Ketua Umum DPP Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA), menyatakan dukungannya terhadap langkah Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang mendorong kementerian dan lembaga (K/L) untuk memperkuat Program Bela Negara.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan masyarakat guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan, Mayjen TNI Piek Budyakto, saat membuka Forum Komunikasi dan Koordinasi Pelaksanaan Aksi Bela Negara Lingkup Pendidikan, Masyarakat, dan Pekerjaan 2024 di Jakarta.

Fahd A Rafiq menekankan bahwa pembinaan kesadaran bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemhan, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk kementerian dan lembaga.

Bela negara bukan hanya tentang kesiapsiagaan menghadapi ancaman militer, tetapi juga ancaman nonmiliter seperti bencana alam, terorisme, atau ancaman ideologis yang dapat merusak ketahanan bangsa.

"Dalam era globalisasi ini, tantangan yang dihadapi bangsa semakin kompleks. Kesadaran bela negara menjadi modal sosial dan daya tangkal yang kuat untuk memastikan bahwa setiap warga negara siap menjaga kedaulatan, keamanan, dan stabilitas negara," ujar Fahd A Rafiq.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Dukung Provinsi Bengkulu Perkuat Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas

Menurutnya, penguatan Program Bela Negara adalah langkah penting untuk membentuk generasi muda yang cinta tanah air dan siap berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Fahd juga menyampaikan bahwa BAPERA sebagai organisasi kepemudaan siap berkolaborasi dengan Kemhan dan lembaga lainnya untuk menyosialisasikan program bela negara kepada pemuda di seluruh Indonesia.

"Untuk mencapai Indonesia Emas 2045, kita perlu menciptakan generasi yang memiliki kesadaran akan pentingnya bela negara, siap berkontribusi, dan memahami tantangan yang dihadapi bangsa. Program Bela Negara adalah salah satu upaya nyata dalam mewujudkan hal tersebut," tambah Fahd A Rafiq.

Ia berharap dengan adanya penguatan program ini, seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, dapat memiliki semangat bela negara yang tinggi dan siap menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri.