Top 3 Tekno, Penyebab Aplikasi Shopee Error Hingga Pabrik Iphone Dibuka Kembali

Belum lama ini aplikasi belanja online Shopee mengalami error, selain itu pabrik Iphone dikabarkan akan kembali buka di Shenzhen!

Top 3 Tekno, Penyebab Aplikasi Shopee Error Hingga Pabrik Iphone Dibuka Kembali
Aplikasi Shopee Mengalami Error. Gambar: Katadata.co.id

BaperaNews - Berita teknologi kali ini berhubungan dengan sebab aplikasi belanja online Shopee error pada 22 Maret 2022 lalu, selain itu juga ada pabrik Iphone yang kembali buka di Shenzhen setelah sebelumnya berhenti beroperasi serta Rusia yang memblokir Google. Lebih lengkapnya kami sampaikan dalam rangkuman top 3 tekno berikut.

  1.       Sebab Shopee Error

Shopee menjadi perbincangan di media sosial dan menjadi trending topic di twitter akibat mengalami error pada Selasa 22 Maret 2022, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di Negara tetangga, Malaysia.

Pihak Shopee menyebut error pada platformnya karena sedang perbaikan sistem dan server sedang mengalami masalah teknis. “Tampaknya kami sedang mengalami masalah teknis, tim kami segera memperbaikinya agar Anda bisa melanjutkan pengalaman belanja Anda. Mohon maaf kami sedang melakukan pemeliharaan sistem, mohon menunggu ya” ujar @ShopeeID di Twitter.

  1.       Pabrik iPhone Shenzen Kembali Buka

Pabrik iPhone Shenzen sebelumnya lockdown karena munculnya 60 kasus covid19 di kota tersebut yang membuat operasinya terpaksa dihentikan, kini operasi kembali dibuka dan produksi normal di Pabrik Longhua dan Guanlan kembali dijalankan.

DIlansir dari The Verge, Selasa 22 Maret 2022, karyawan di beberapa bidang bekerja dari rumah, pembukaan dilakukan seminggu setelah operasi dihentikan, karyawan yang datang juga hadir secara bubble transport untuk menghindari kerumunan.

Baca Juga: 5 Tersangka Penyelundupan Sabu Pangandaran Terancam Hukuman Mati

  1.       Rusia Blokir Google News

Pemerintah Rusia mengumumkan telah memblokir Google News karena Google dianggap menyebar berita palsu tentang operasi militer Rusia ke Ukraina. Adapun aksi pemblokiran Rusia ini dilakukan untuk menanggapi pernyataan Google yang menyebut tidak akan membantu laman YouTubem web, iklan, dan aplikasi yang dianggap mengabaikan konflik Ukraina dan mengumumkan berhenti menjual semua iklan online di Rusia sejak awal Maret 2022.

“Kami telah mengkonfirmasi orang di Rusia sulit mengakses Google news hal ini bukan masalah dari sisi teknis kita, kami berusaha agar pengguna Rusia bisa mengakses News selama mungkin” ujar Google dalam sebuah pernyataan resmi hari Kamis 24 Maret 2022.

Google menegaskan warga Rusia yang tidak bisa akses Google bukan dari kesalahan teknis mereka, namun dari Pemerintah Rusia sendiri yang memblokir layanan Google tersebut di negaranya.

Baca Juga: Viral Bocah Makan Kertas Hingga Sandal, Dokter Soroti Peran Orang Tua