Viral Bocah Makan Kertas Hingga Sandal, Dokter Soroti Peran Orang Tua

Bocah berusia 3 tahun dari Bekasi memiliki kebiasaan memakan kertas hingga sandal, Dokter mempertanyakan peran orang tua.

Viral Bocah Makan Kertas Hingga Sandal, Dokter Soroti Peran Orang Tua
Ibu Dari Anak Yang Suka Memakan Kertas Dan Sendal. Gambar: Suara.com

BaperaNews - Bocah berusia 3 tahun dari Bekasi, Jabar viral karena kebiasaan makan anehnya, bocah tersebut terbiasa makan kertas, sandal, hingga styrofoam, video bocah sedang memakan benda aneh tersebut pun menyebar luas dan viral di media sosial.

Merespon hal tersebut, Dokter Spesialis Anak dari RSHS Bandung, prof, Dr. Kusnadi menyebut hal itu terjadi karena kesalahan orang tua dalam mengawasi anaknya. “Anak 3 tahun itu memang biasa memasukkan benda ke mulutnya, nah orang tua yang harus mengawasi, kalau benda itu bahaya, dilarang dong sama orang tuanya” ujarnya hari Kamis 24 Maret 2022.

Kusnadi lanjut menjelaskan, jika seorang anak memakan benda aneh seperti kertas dan sandal tersebut tentu akan menjadi dampak negatif untuk perkembangan anak dimana zat kimia dalam benda tersebut bisa merusak organ vital anak. “Kalau sandal, gabus, kertas itu dampaknya lama-lama akan merusak hati, otak, dan menimbulkan racun ke darah juga sumsum tulangnya” lanjutnya.

Baca Juga: Viral! Video Youtuber Sembunyi Di Bawah Rel Kereta Melintas, Ini Kata KAI

Kusnadi menganjurkan orang tua sang anak untuk membawa anaknya ke dokter agar diperiksa kondisi kesehatan dan kadar racun dalam tubuh anak tersebut. “Sehingga gak bisa didiamkan harus diajarkan anak ini tidak boleh dan dan harus segera dicek ke dokter, darahnya sudah mengandung racun atau belum supaya racunnya ga ke otak, ke sumsum tulang, ke hati” tegasnya.

Kusnadi juga menyayangkan sikap orang tua sang bocah yang justru menjadikannya tontonan, “Salah itu jadi orang tua harus memberikan makanan yang betul untuk anaknya, anak 3 tahun harus diatur ga bisa didiemin, makan sandal kertas orang tuanya ketawa, ga lucu. Untuk bisa menghentikan ya orang tua harus melarangnya ga ada jalan lain jangan didiamkan” ucapnya.

Sebelumnya viral sebuah video anak usia 3 tahun sedang makan kerta viral di media sosial, sang ibu bernama Pipit membenarkan aksi putranya dan menyebut anaknya sudah melakukan kebiasaan tersebut sejak umur 1 tahun. “Iya memang betul seperti itu senang makan kayak gitu dari umur 1 tahun” ujarnya hari Selasa 22 Maret 2022. “Pokoknya umur 1 tahun itu dia seneng banget makan sandal baru yang bersih, satu bulan bisa beli sampai 5 pasang sandal” imbuhnya.

Baca Juga: Dubes Rusia, Presiden Vladimir Putin Akan Hadiri KTT G20 Di Bali