Presiden Venezuela Sebut Indonesia Negara Ekonomi Terkuat di Dunia

Presiden Venezuela yakni Nicolas Maduro memberikan pujian dan mengatakan bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai ekonomi paling kuat di dunia. Berikut Informasi Lengkapnya !

Presiden Venezuela Sebut Indonesia Negara Ekonomi Terkuat di Dunia
Presiden Venezuela sebut Indonesia negara ekonomi terkuat di duniaGambar : ANTARA FOTO/REUTERS/Miraflores Palace/Handout /WSJ/dj

BaperaNews - Nicolas Maduro (Presiden Venezuela) melontarkan pujian dan menyebut bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai ekonomi paling kuat di dunia. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Venezuela saat sedang menutup aktivitas Festival Pariwisata Internasional Venezuela 2021.

“Karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan sistem ekonomi yang kuat, maka kami akan terus berupaya untuk mendorong kerja sama antara Venezuela dan Indonesia di bidang pariwisata,” kata Presiden Maduro saat memberikan sambutan di acara penutupan Festival Pariwisata Internasional Venezuela 2021.

Menurut keterangan dari KBRI Caracas, Indonesia menjadi tamu istimewa dan kehormatan bagi Venezuela. Presiden Maduro juga sempat berkunjung ke stan yang dibuat oleh Indonesia. Indonesia pun dianggap sebagai saudara oleh Presiden Maduro. Mereka sangat senang dengan keikutsertaan Indonesia dalam Festival Pariwisata Internasional Venezuela 2021. Apalagi melihat seni dan kebudayaan Indonesia yang memiliki banyak ragam dan warna.

Tamu kehormatan yang diundang oleh pihak pemerintah Venezuela antara lain Indonesia, Rusia, Nigeria, Afrika Selatan, Nikaragua, Iran, dan Kuba.

Dalam serangkaian acara tersebut, KBRI Caracas memamerkan beragam kekayaan tempat wisata di Indonesia hingga beragam seni dan kebudayaan di Indonesia, termasuk menyuguhkan pertunjukkan angklung dan tari tradisional.

Menurut penjelasan dari Imam Edy Mulyono (Duta Besar RI untuk Venezuela), bahwa keikutsertaan Indonesia dalam gelaran acara Festival Pariwisata Internasional Venezuela 2021 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan kembali geliat sektor pariwisata di Indonesia, yang mana sudah 2 tahun lamanya terkena dampak dari covid 19.

Tak hanya itu saja, citra Indonesia juga bisa ikut terangkat dalam gelaran acara Festival Pariwisata Internasional Venezuela 2021. Kemudian bisa memberi pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia dan mempererat hubungan antara Indonesia dengan pemerintah Venezuela.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Venezuela sudah terjalin sejak tahun 1959. Dilansir dari data yang dimiliki oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Perjanjian yang dibuat antara lain : 

  •         Perjanjian Kerjasama di bidang Ekonomi dan Teknik (tahun 1991)
  •         Perjanjian Pencegahan Pajak Atas Penghasilan Pada Kerjasama Antara Kedua Negara (tahun 1997)
  •         Perjanjian Kerjasama di Bidang Pers (tahun 1997)
  •         Perjanjian Kerjasama Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan dan Pendidikan (2000)
  •         Perjanjian Pembentukan Komisi Tingkat Tinggi (tahun 2001).