Mulai 12 Juli 2023, Tarif LRT Jabodebek Gratis Selama Sebulan

Kabar menarik bahwa LRT Jabodebek resmi beroperasi mulai 12 Juli 2023 dan akan menggratiskan tarif LRT Jabodebek selama 1 bulan.

Mulai 12 Juli 2023, Tarif LRT Jabodebek Gratis Selama Sebulan
Mulai 12 Juli 2023 tarif LRT Jabodebek gratis selama sebulan. Gambar : Liputan6.com/Dok. Ratu Annisaa Suryasumirat

BaperaNews - LRT Jabodebek resmi beroperasi mulai 12 Juli 2023. Kabar menariknya, pihak operator menggratiskan tarif LRT selama 1 bulan yakni sampai pertengahan Agustus 2023. Namun, tidak semua penumpang bisa mendapatkan tiket LRT Jabodebek gratis, melainkan hanya yang mendapat undangan atau yang telah mendaftar di media sosial resmi LRT Jabodebek saja.

Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi mengungkap tarif LRT Jabodebek gratis ini dilakukan sampai grand launching LRT Jabodebek dan KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) dilakukan yakni pada 17 Agustus 2023 tepat di hari HUT RI.

Jumlah tiket LRT Jabodebek gratis yang diberikan terbatas, hanya penumpang yang diundang atau yang mendaftar resmi yang mendapatkannya, tidak dijelaskan berapa kuota tiket gratis yang disediakan.

“Untuk sementara tarif LRT belum berbayar, masyarakat bisa mendaftar di media sosial kami untuk mendapat tiket LRT Jabodebek gratis. Setelah launching LRT Jabodebek bersama KCJB baru LRT Jabodebek akan berbayar” tutur Purnomo pada Minggu (14/5).

Pihak Purnomo juga menyebut masih menunggu arahan dari Presiden Jokowi terkait peluncuran bersama LRT Jabodebek dan KCJB. Masa trial run atau uji coba LRT Jabodebek sendiri telah dimulai pada Senin (15/5). Pihak petugas telah melakukan apel bersama stakeholder terkait untuk persiapannya.

“Ini untuk trial run, untuk LRT Jabodebek baru dioperasikan ketika nanti layanan sudah berbayar” jelasnya.

Baca Juga : Berapa Tarif LRT Jabodebek yang Beroperasi Juli 2023?

Hal yang diamati di masa uji coba ini diantaranya ialah standar prosedur dari train attendant dimana LRT Jabodebek tidak ada masinisnya, sistem yang dipakai ialah CBTC (Communication Based Train Control) dengan GoA (Grade of Automation) level 3.

Train attendant di LRT hanya bertugas memberi layanan pada penumpang ketika membutuhkan bantuan dalam kondisi darurat. Operator LRT juga akan melakukan simulasi kondisi darurat misalnya jika terjadi bencana alam gempa, kereta anjlok, ada penumpang yang sakit, kebakaran, dan lainnya.

Pihak LRT Jabodebek telah berkoordinasi dengan rumah sakit, Basarnas, dan TNI Polri dalam melaksanakan simulasi ini agar kelak ketika telah dioperasikan LRT Jabodebek bisa memberi layanan terbaik untuk semua pengguna baik itu dari sisi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan.

Anda bisa mendaftar agar mendapatkan tarif LRT Jabodebek gratis di Instagram resmi LRT Jabodebek @lrtjkt atau @lrt-Jabodebek.

Baca Juga : Meluncur Juli 2023, Berikut Cara Bayar LRT Jabodebek