Menkominfo Sebut Situs LK21 Bisa Berefek Buruk untuk Indonesia

Pelajari langkah-langkah pemerintah dalam menghadapi situs streaming film ilegal seperti LK21 dan IndoXXI. Simak selengkapnya!

Menkominfo Sebut Situs LK21 Bisa Berefek Buruk untuk Indonesia
Menkominfo Sebut Situs LK21 Bisa Berefek Buruk untuk Indonesia. Gambar : pexels.com/Dok. Ron Lach

BaperaNews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus menggencarkan langkah penanggulangan terhadap maraknya situs streaming film ilegal seperti LK21 dan IndoXXI yang berdampak buruk pada industri kreatif dan perekonomian Indonesia.

Menkominfo, Johnny G Plate, secara eksplisit menyatakan, "Menggunakan film bajakan itu bisa berefek buruk bagi Indonesia," khususnya dalam konteks menjaga kekayaan intelektual dan menjalin hubungan investasi dengan pihak asing.

Perang Melawan Situs Film Ilegal

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kominfo, telah dilakukan pemblokiran terhadap 1.130 situs film ilegal, termasuk LK21, IndoXXI, dan lainnya, sepanjang tahun 2019.

Namun, hal ini belum memberikan dampak signifikan karena situs-situs tersebut kerap beroperasi kembali dengan nama dan domain yang berbeda, seperti Rebahin dan Idlix.

Penonton yang masih tertarik untuk nonton streaming atau mengakses nonton film gratis kerap mencari alternatif situs lain, yang pada gilirannya merusak industri film nasional.

Dampak Negatif dan Respon Industri Kreatif

Kehadiran situs film ilegal seperti LK21 dan IndoXXI merusak perekonomian dan menghambat perkembangan industri kreatif dalam negeri. "Negara kita ini sangat menghormati yang namanya kekayaan intelektual," tegas Johnny G Plate.

Bahkan IndoXXI, salah satu situs streaming yang populer, telah menyatakan pamit per 1 Januari 2020 untuk mendukung industri kreatif di Indonesia, namun tidak sedikit situs yang masih bertahan dan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk nonton film gratis

Baca Juga : Kenapa Sih Situs LK21 Diblokir, Ini Alasannya!

Perlu Sinergi dalam Penanggulangan

Dengan melihat fenomena ini, bukan hanya Kominfo yang perlu bergerak. "Kami akan terus berkomunikasi, apabila masih ada, maka tidak saja diblokir, tapi bisa saja ada tindakan hukum," jelas Johnny. Koordinasi antar lembaga dan pihak terkait lainnya sangat diperlukan untuk membentuk aturan yang lebih tegas dan efektif dalam memberantas situs film ilegal.

Kesadaran dan Dukungan Masyarakat

Dengan melihat dampak buruk yang ditimbulkan oleh situs-situs ilegal seperti LK21, IndoXXI, Rebahin, dan Idlix, sangat penting bagi kita sebagai masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghargai karya intelektual.

Mari kita bersama-sama menunjukkan dukungan kepada industri kreatif Indonesia dengan menghindari nonton streaming di situs-situs ilegal dan beralih kepada platform legal yang telah banyak tersedia. Kesadaran ini tidak hanya penting bagi perkembangan industri kreatif lokal, namun juga dalam menjaga hubungan baik dengan investor dan negara lain dalam konteks kekayaan intelektual.

Dengan gaya penulisan yang lugas dan informatif, artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat mengenai pentingnya mendukung karya asli dan legal serta dampak negatif yang ditimbulkan oleh situs-situs ilegal tersebut. Ayo kita dukung bersama industri kreatif Indonesia dengan cara yang positif dan legal.

Baca Juga : Dampak Buruk Nonton di IndoXXI, LK21, Rebahin, Bioskopkeren, dan Idlix