Fahd A Rafiq Apresiasi Presiden Kembali ke Tanah Air Setelah Kunjungan Sukses ke Tiga Negara ASEAN

Presiden Jokowi tiba di Jakarta setelah kunjungan kenegaraan ke Filipina, Vietnam, dan Brunei, menunjukkan komitmen Indonesia dalam diplomasi ASEAN.

Fahd A Rafiq Apresiasi Presiden Kembali ke Tanah Air Setelah Kunjungan Sukses ke Tiga Negara ASEAN
Fahd A Rafiq Apresiasi Presiden Kembali ke Tanah Air Setelah Kunjungan Sukses ke Tiga Negara ASEAN. Gambar: Fahd A Rafiq. Dok: Istimewa

BaperaNews - Presiden Joko Widodo telah tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu, (14/1), setelah menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke tiga negara ASEAN. Kedatangan Presiden disambut oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di bawah tangga pesawat.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menanggapi kepulangan Presiden RI setelah kunjungannya ke Tiga Negara menegaskan keseriusan Indonesia sebagai pemimpin di ASEAN.

"Kehadiran Presiden di panggung internasional semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai pemimpin di ASEAN. Saya memberikan dukungan penuh untuk upaya Presiden dalam memajukan kepentingan negara di tingkat regional,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (15/1).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama rombongan lepas landas dari Bandar Udara Brunei, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, dan tiba di Jakarta setelah menjalani rangkaian kunjungan yang sukses.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Presiden mengawali kunjungannya ke Filipina, di mana beliau menghadiri sejumlah acara kenegaraan bersama Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Transportasi dan Menteri Pertahanan Filipina.

Selanjutnya, Kepala Negara melanjutkan kunjungannya ke Vietnam, di mana beliau mengikuti kegiatan kenegaraan dan pertemuan dengan para pemimpin Vietnam. Presiden menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat dan kerja sama yang menjanjikan dari pihak Vietnam.

Rangkaian kunjungan Presiden ditutup dengan kunjungan ke Brunei Darussalam, di mana beliau bertemu dengan pebisnis Brunei Darussalam dan hadir dalam pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen.

"Presiden telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun hubungan baik dengan negara-negara tetangga. Pemuda Wajib mendukung langkah-langkah diplomasi yang diambil oleh pemerintah. Semoga hasil dari kunjungan ini dapat memberikan dampak positif, terutama dalam meningkatkan kerja sama ekonomi dan sosial di kawasan ASEAN," ujar Fahd A Rafiq, Senin (15/1).

Presiden Jokowi mengakhiri pernyataannya dengan menyampaikan kehangatan dan eratnya hubungan antarnegara serta masa depan kerja sama yang sangat menjanjikan.

Kembali ke tanah air, Presiden siap melanjutkan pembangunan dan kerja keras untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berkemajuan.

 

Penulis : AG