Andi, Pelaku Pembunuhan Vina Diduga Anak Eks Bupati Cirebon

Kabarnya, Andi diduga adalah anak dari Sunjaya Purwadi Sastra, yang menjabat sebagai Bupati Cirebon pada periode 2014-2019. Simak Selengkapnya disini!

Andi, Pelaku Pembunuhan Vina Diduga Anak Eks Bupati Cirebon
Andi, Pelaku Pembunuhan Vina Diduga Anak Eks Bupati Cirebon. Gambar: Dok.beritasatu

BaperaNews - Polisi masih mengejar tiga buron pelaku pembunuhan Vina, yang terjadi pada 27 Agustus 2016 di Cirebon. Salah satu dari tiga buron tersebut, Andi, diduga merupakan anak dari mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi Sastra. Dugaan ini muncul dari akun media sosial TikTok dan Twitter yang memicu perhatian publik.

Dalam akun TikTok @mbakasihanmb, yang di-repost oleh akun Twitter @opposite6892, pemilik akun @Prima Rayi Sona diduga adalah Andi. Kabarnya, Andi adalah anak dari Sunjaya Purwadi Sastra, yang menjabat sebagai Bupati Cirebon pada periode 2014-2019.

Akun @opposite6892 memberikan keterangan, "Oh pantes bapaknya panic," yang mengindikasikan bahwa ada keterlibatan emosional dari orang tua Andi dalam kasus ini.

Sebelumnya, akun tersebut dikira milik Egi, yang disebut-sebut sebagai otak pelaku pembunuhan. Dalam percakapan yang viral, sosok yang diduga Andi meminta agar Egi menyerahkan diri ke polisi.

Namun, Egi menolak dan meminta rekannya untuk tetap diam agar kasus ini tidak terungkap, sambil menyatakan bahwa mereka mendapat dukungan dari ayahnya.

Berdasarkan penelusuran, Sunjaya Purwadi Sastra memiliki istri bernama Hj Wahyu Tjiptaningsih dan empat orang anak: Satria Robi Saputra, Sela Syahvira Amalia, Resyah Prima Hanjaya, dan Ramadani Syahputra.

Baca Juga: Belum Tuntas, Hotman Paris Sampai Turun Tangan di Kasus Pembunuhan Vina

Belum dapat dipastikan apakah salah satu dari anak-anak tersebut memiliki nama panggilan Andi. Namun, nama Ramadani Syahputra dianggap paling mirip dengan salah satu nama dalam daftar buron yang dirilis Polda Jabar, yaitu Andi, Dani, dan Pegi alias Perong.

Polda Jabar merilis daftar buron pada 14 Mei 2024, yang mencakup Andi, Dani, dan Pegi alias Perong. Ciri-ciri Andi disebutkan sebagai berikut: alamat terakhir di Desa Banjarwangun, Mundu, Kabupaten Cirebon, usia 23 tahun pada 2016, tinggi 165 cm, rambut lurus, badan kecil, kulit hitam.

Ciri-ciri ini disesuaikan dengan informasi yang didapat dari warga sekitar dan catatan kepolisian.

Kasus pembunuhan ini kembali menjadi perhatian setelah diangkat ke layar lebar, menarik bantuan dari Polda Metro Jaya untuk mengejar tiga pelaku yang masih buron. Delapan pelaku lainnya telah diproses hukum oleh Polres Cirebon pada 2016.

Kasus pembunuhan Vina cirebon terjadi pada 27 Agustus 2016, di mana korban dianiaya oleh belasan orang dan kemudian dinarasikan sebagai kecelakaan tunggal. Kecurigaan keluarga korban tiga hari setelah kejadian membawa kasus ini ke ranah hukum.

Kasus ini menarik simpati publik, termasuk dari pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Hotman mengungkapkan bahwa ada perubahan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari delapan pelaku yang awalnya menyebut tiga pelaku lainnya yang belum tertangkap. Namun, setelah kasus dilimpahkan, tidak ada nama tiga pelaku yang saat ini masih buron.

Sosial media menjadi arena spekulasi dan diskusi mengenai identitas Andi. Banyak netizen mengaitkan nama Andi dengan Prima Rayi Sona yang bekerja di sebuah barber shop di Cirebon.

Anak ketiga Sunjaya, Resyah Prima Hanjaya, dianggap oleh sebagian netizen sebagai sosok yang mungkin menggunakan nama samaran Andi.

Identitas pasti dari ketiga buron ini masih menunggu pengungkapan lebih lanjut dari kepolisian. Mabes Polri juga telah menurunkan tim untuk memburu para pelakunya.

Polda Jabar dan Polda Metro Jaya bekerja sama untuk mengungkap kasus pembunuhan vina cirebon ini dan menangkap ketiga buron yang masih berkeliaran.

Baca Juga: Ayah Eky Akhirnya Muncul ke Publik dan Buka Suara terkait Kasus Pembunuhan Vina