Kevin Diks Diperkirakan Debut di Timnas Indonesia Pada Maret 2025

Kevin Diks tidak akan dapat berlaga melawan Jepang dan Arab Saudi pada November 2024 dan diperkirakan baru debut di Timnas Indonesia pada Maret 2025.

Kevin Diks Diperkirakan Debut di Timnas Indonesia Pada Maret 2025
Kevin Diks Diperkirakan Debut di Timnas Indonesia Pada Maret 2025. Gambar : Instagram/@erickthohir

BaperaNews - Proses naturalisasi Kevin Diks untuk membela timnas Indonesia mengalami keterlambatan dan diperkirakan baru akan selesai pada Maret 2025. 

Meskipun PSSI sudah menjalin kesepakatan dengan pemain berusia 28 tahun tersebut, faktor administratif dan transisi pemerintahan menjadi kendala utama. Dengan demikian, Kevin Diks tidak akan dapat berlaga melawan Jepang dan Arab Saudi pada November 2024.

PSSI telah berupaya mengurus administrasi perpindahan kewarganegaraan Diks dari Belanda ke Indonesia. Usai bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Diks datang ke Jakarta untuk memulai proses tersebut.

Namun, surat administrasi perpindahan kewarganegaraan Kevin Diks masih berada di PSSI dan belum diserahkan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menjelaskan bahwa keterlambatan ini disebabkan oleh situasi di DPR yang saat ini masih dalam proses pembentukan komisi baru pasca pergantian pemerintahan.

"Kita tahu bahwa sekarang di DPR itu masih tahap proses karena pemerintahan baru. Sekarang di DPR belum ada komisi-komisi. Kalau sekarang, kami juga bingung mau ke komisi berapa karena ada perubahan itu," ujar Arya dalam konferensi pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (16/10).

Arya juga menyampaikan bahwa PSSI masih menunggu kepastian terkait pemerintahan yang baru di bawah Presiden Prabowo Subianto, yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Baca Juga : Meski Hanya Main 1 Babak, Thom Haye Dinobatkan Jadi Pemain Terbaik di Laga Indonesia Vs China

"Kami jadi belum tahu kapan selesainya proses naturalisasi Kevin Diks karena belum juga diteken oleh DPR. Lalu sebentar lagi ada keberlanjutan antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo. Mudah-mudahan semua lancar dan prosesnya berjalan baik," tuturnya.

Walaupun proses naturalisasi Diks terhambat, PSSI tetap berkomitmen untuk mempercepat proses tersebut. Arya menegaskan bahwa mereka akan berusaha semaksimal mungkin agar Diks dapat bergabung dengan timnas Indonesia.

"Kami coba kejar H-7 sebelum pertandingan, tapi kami optimisnya di Maret 2025. Kami juga akan berjuang maksimal semoga November bisa tapi tetap optimisnya di Maret 2025," tambah Arya.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan Jepang pada 15 November 2024 dan Arab Saudi pada 19 November 2024. Kedua pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Namun, dengan kepastian bahwa Diks tidak akan bisa tampil pada pertandingan tersebut, PSSI harus mempertimbangkan strategi tim tanpa kehadirannya.

Sebagai bek, Kevin Diks memiliki potensi besar untuk memperkuat lini pertahanan timnas Indonesia. Ia sebelumnya telah menunjukkan kemampuannya di level klub dan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan ketika sudah resmi menjadi bagian dari timnas.

Namun, keberadaan Diks di timnas Indonesia masih tergantung pada kelancaran proses administrasi naturalisasi yang hingga saat ini belum dapat dipastikan.

Baca Juga : Piala AFF 2024: Ini Lawan Timnas Indonesia di Grup B