Viral Video Anak SMA Beri Kritikan Pedas Soal Masalah Pendidikan di Indonesia

Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengkritik tajam sistem pendidikan di Indonesia.

Viral Video Anak SMA Beri Kritikan Pedas Soal Masalah Pendidikan di Indonesia
Viral Video Anak SMA Beri Kritikan Pedas Soal Masalah Pendidikan di Indonesia. Gambar : Dok. lambeturah.co.id

BaperaNews - Sebuah video yang memperlihatkan seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengkritik tajam sistem pendidikan di Indonesia viral di media sosial.

Video yang diunggah pada (21/10) ini menyoroti berbagai masalah dalam pendidikan, termasuk metode pengajaran oleh guru yang dinilai kurang memadai. 

Dalam videonya, siswa tersebut mengungkapkan bahwa para pengajar sering kali hanya mengambil informasi dari internet tanpa memberikan penjelasan yang mendalam kepada siswa.

Siswa tersebut mengatakan, “Bukannya memahami atau mempelajari, malah nyomot dari Google,” saat mengomentari metode pengajaran yang lebih mengandalkan pencarian cepat di internet daripada memberikan penjelasan rinci. 

Baca Juga : Nadiem Makarim Harap Program Merdeka Belajar Tetap Dilanjutkan pada Kabinet Baru

Menurut siswa tersebut, hal ini menyebabkan siswa tidak mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang pelajaran.

Setelah video ini menjadi viral, banyak netizen merespons dengan beragam pendapat di berbagai platform media sosial. Salah satu komentar yang mendukung berbunyi, "Akhirnya ada yang mewakili, malah dari anak SMA sendiri yang bongkar,". 

Namun, beberapa netizen juga mengungkapkan frustrasi mereka terhadap kualitas pendidikan saat ini. "Kurikulum paling bener 2012," tulis seorang netizen.

Pengguna media sosial lainnya berbagi pengalaman serupa, menyatakan bahwa pendekatan pengajaran saat ini lebih berfokus pada penggunaan teknologi tanpa panduan yang memadai dari para pengajar.

Baca Juga : Oknum Dinas Pendidikan Jombang yang Keciduk Bermesraan Laporkan Akun yang Sebar Video