Diprotes Warga Karena Bayar, Kini Lewat Skywalk Kebayoran Lama Gratis!

PT Transportasi Jakarta memastikan semua warga yang ingin melewati skywalk Kebayoran Lama kini tidak bayar alias gratis usai banyak warga yang protes karena kebijakan berbayar lewat skywalk.

Diprotes Warga Karena Bayar, Kini Lewat Skywalk Kebayoran Lama Gratis!
Banyak Warga yang Protes, Kini Lewat Skywalk Kebayoran Lama Gratis. Gambar : Kompas.com/Dok. Muhammad Isa Bustomi

BaperaNews - PT Transportasi Jakarta memastikan kini tidak ada lagi biaya bagi masyarakat yang ingin menyeberang dengan skywalk Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Dipastikan untuk semua masyarakat umum kini bisa lewat skywalk Kebayoran Lama gratis tanpa harus keluar biaya” tutur Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta Anang Noor pada Selasa (7/2).

PT Transportasi Jakarta telah membangun pemisah antara area yang dilalui penumpang bus Transjakarta dengan warga yang sekedar hanya ingin melintas untuk menuju transportasi umum lain.

Warga yang hendak naik bus Transjakarta di Koridor 8 (Halte Kebayoran Lama) dan Koridor 13 (Velbak) akan diminta menempelkan kartu elektronik sebelum melewati skywalk.

Sebelumnya biaya Rp 3.500 per orang dikenakan untuk semua warga, baik yang hendak naik bus Transjakarta maupun yang sekedar lewat, kini kebijakan diubah karena banyaknya protes dari masyarakat sebab masyarakat yang sekedar lewat, tetap diharuskan membayar, hal ini dianggap membebani masyarakat.

“Bukan jembatan umum, jadi untuk mengakses harus pakai kartu elektronik, ini memang untuk memudahkan penumpang yang mau naik ke moda transportasi” ucap Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho pada Senin (6/2) ketika menyampaikan kebijakan berbayar untuk skywalk Kebayoran Lama. Hal ini pun menuai sejumlah kritik dari masyarakat.

Baca Juga : Tak Hanya Mobil, Motor Juga Kena Aturan Jalan Berbayar

“Enggak setuju banget misal harus bayar. itu dibuat pakai dana APBD dari rakyat, kenapa rakyat yang lewat di sebuah jembatan aja masih disuruh bayar. Skywalk dibangun untuk penghubung, supaya warga tidak harus di trotoar yang sempit ketika jalan, saya mending lewat bawah kalo disuruh bayar” tutur seorang warga bernama Fransiska.

Warga lain bernama Lidia juga berpendapat sama, ia bahkan sempat kaget ketika disuruh bayar untuk melewati jembatan. “Ini saya kaget harus tap in Koridor 8, sebelumnya ga pernah tap in” ungkapnya.

Sebelumnya lewat skywalk Kebayoran Lama gratis, namun kebijakan baru dikeluarkan yakni biaya Rp 3.500, warga yang belum tahu pun kaget, diminta bayar untuk lewat jembatan.

Maka atas banyaknya keluhan tersebut, kini lewat skywalk Kebayoran Lama gratis kembali, warga bisa lewat skywalk Kebayoran Lama tanpa harus bayar, warga yang membayar hanya yang hendak menaiki bus Transjakarta.

Baca Juga : Daftar 200 Daerah yang Terapkan Pembelian BBM Solar Pakai MyPertamina