Viral di Medsos Oknum Pekerja Migran Indonesia buat Geng di Jepang, Buat Gaduh Hingga Warga Minta di Deportasi

Pekerja migran Indonesia di Osaka, Jepang, menuai kecaman dari warga lokal setelah diduga membentuk geng dan membuat kegaduhan di jalanan.

Viral di Medsos Oknum Pekerja Migran Indonesia buat Geng di Jepang, Buat Gaduh Hingga Warga Minta di Deportasi
Viral di Medsos Oknum Pekerja Migran Indonesia buat Geng di Jepang, Buat Gaduh Hingga Warga Minta di Deportasi

BaperaNews - Kelompok pekerja migran Indonesia (PMI) di Osaka, Jepang, menuai kecaman dari warga lokal setelah diduga membuat kegaduhan.

Kejadian ini viral di media sosial, khususnya setelah diungkap oleh akun X @minako_satou pada Jumat, (30/8).

Dalam unggahannya, akun tersebut menyebutkan bahwa beberapa oknum PMI di Jepang membentuk geng yang sering berkumpul dan menyebabkan keresahan di jalanan Osaka.

Menurut cuitan yang telah dilihat lebih dari 6,1 juta kali ini, aksi para PMI tersebut memicu ketidaknyamanan warga lokal karena dianggap mengganggu ketertiban umum.

"Beberapa oknum PMI di Jepang bikin resah dengan bikin geng, ganggu ketertiban, dan bikin orang susah lewat," tulis akun @minako_satou dalam cuitannya.

Ia juga mengingatkan warga Indonesia di luar negeri untuk tidak melakukan tindakan serupa agar tidak merusak citra Indonesia yang dikenal ramah dan sopan.

Baca Juga: Anak Kelas 4 SD Sampai Dilarikan ke IGD Akibat Jadi Korban Bullying, Dipaksa Makan Roti Berduri

Tidak hanya menjadi perbincangan di kalangan netizen Indonesia, kejadian ini juga menarik perhatian masyarakat Jepang. Beberapa pengguna Twitter di Jepang mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap situasi ini.

"Meskipun media Jepang belum meliputnya, masyarakat Indonesia membentuk geng di Jepang dan berkumpul dengan pisau serta memposting hal itu," tulis akun @parsonal*****.

Netizen tersebut juga menyebutkan bahwa geng ini kerap memblokir jalan dan bahkan mengancam orang yang mengomentari tindakan mereka.

Tindakan para pekerja migran ini telah membuat warga Osaka resah, dan banyak yang meminta agar pihak berwenang segera mengambil tindakan tegas.

"Apakah polisi Osaka tahu akan aksi ini? Saya akan melaporkan kasus ini ke Polisi Osaka," ujar salah satu netizen Jepang yang merasa terganggu dengan keberadaan geng tersebut.

Beberapa warga lokal bahkan mendesak agar para pelaku segera dideportasi dari Jepang.

"Saya tinggal di Osaka dan saya khawatir dengan kemunculan geng ini. Mereka telah mencemari Jepang yang indah ini dan sama sekali tidak menghormati tradisi budaya negara kita. Mereka harus dipulangkan!" tulis akun @2JH***.

Baca Juga: Viral Video Wanita Labrak Polwan di Sumsel, Diduga Selingkuhan Calon Suami