Viral! Transgender Umroh Ditahan Askar Hingga Dihujat Orang Arab

Pengalaman mengharukan Jeje selama umroh, menghadapi tantangan dan pengawasan di Tanah Suci. Simak selengkapnya di sini!

Viral! Transgender Umroh Ditahan Askar Hingga Dihujat Orang Arab
Viral! Transgender Umroh Ditahan Askar Hingga Dihujat Orang Arab. Gambar : Kolase BaperaNews Tikrok/@jessjsc

BaperaNews - Jeje, seorang transgender, menjadi sorotan setelah pengalamannya saat umroh di Tanah Suci Makah dan Madinah. Dalam perjalanannya, ia ditahan oleh pasukan keamanan atau askar lantaran dikenal sebagai transpuan. Kejadian ini mendapat perhatian luas, terutama setelah ia membagikannya melalui akun TikToknya yang kemudian viral.

Jeje, yang memiliki nama asli Bagas Rahmatya, berusia 26 tahun saat ia memutuskan untuk beribadah umroh bersama kedua orang tuanya. Ia membagikan momen-momen selama perjalanan tersebut melalui akun TikTok pribadinya @jessjsc. Tidak hanya momen suka, ia juga membagikan ketidaknyamanan yang dirasakan, khususnya saat berada di Madinah.

"Dan berkali-kali ditahan askar Masjid Nabawi Madinah karena selalu dicurigai," ungkapnya dalam salah satu unggahan.

Perbedaan penampilan Jeje sebagai transgender membuatnya menjadi pusat perhatian saat berada di Tanah Suci. Pasukan keamanan atau askar di sana pun terus mengamatinya.

"Tapi Insya Allah Lillahi ta'ala ikhlas menjalani semua konsekuensi salah satunya jadi incaran askar yang pada gak percaya kalau aku pria karena wajah dan suaraku yang terlalu perempuan," jelasnya.

Baca Juga: Arab Saudi Rilis Aturan Baru Umroh Selama Ramadhan 2023

Meskipun mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan, Jeje tetap berusaha untuk khusuk dalam beribadah. Ia juga memohon doa dari netizen agar mendapat ketenangan selama umroh. 

"Sampai saat ini masih mohon sama Allah di perluas sabar nya, dan di berikan kenyamanan untuk ibadah di rumah-Nya dengan tenang tanpa di incer askar," ungkap Jeje dalam unggahannya.

Kehadiran Jeje di Tanah Suci bukan tanpa alasan yang mendalam. Selain untuk beribadah, ia juga memanfaatkan momen tersebut untuk refleksi diri.

"Sadar ini balasan ku dari Allah selama ini, minta doanya ya teman-teman semoga cepat bisa kembali ke kodrat semestinya tanpa ada pergolakan," ungkapnya.

Reaksi netizen terhadap unggahan Jeje sangat beragam. Unggahannya telah ditonton lebih dari 8,2 juta kali dan mendapat beragam komentar.

"Aamiin semangat mas Bagas, pintu taubat Allah selalu terbuka untuk hambanya," ujar akun @???????????????????????????? ????

Jeje dan rombongannya telah kembali ke Indonesia pada 22 Oktober 2023 setelah menjalani rangkaian umroh sejak 14 Oktober 2023. Meskipun perjalanan tersebut penuh dengan tantangan, Jeje tetap mengucapkan syukur.

"Alhamdulillah Ya Allah kau jaga aku, keluargaku dan semua rombongan Masya Allah Tabarakallah," tutupnya dengan haru.

Baca Juga: Mulai 31 Maret, Atlet Transgender Dilarang Bertanding di Kejuaraan Atletik