Istri Pamer Harta, Jabatan BPN Jaktim Dicopot!

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra dinonaktifkan dari jabatannya akibat sang istri suka pamer harta dan gaya hidup mewah di media sosial. 

Istri Pamer Harta, Jabatan BPN Jaktim Dicopot!
Istri Pamer Harta, Jabatan BPN Jaktim Dicopot. Gambar : Dok. BPN

BaperaNews - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra dinonaktifkan dari jabatannya akibat istrinya Vidya Piscarista suka pamer harta dan gaya hidup mewah di media sosial. 

Hal ini diputuskan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN melalui APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) usai istri Kepala BPN Jaktim pamer harta, hal ini juga dilakukan untuk mempermudah pemeriksaan.

“Benar, jabatan Kepala BPN Jaktim dicopot, Sudarman telah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kepala BPN Jaktim per 21 Maret 2023 setelah diperiksa oleh Inspektorat Jenderal” tutur Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/ BPN Yulia Jaya hari Rabu (22/3).

Sudarman sebelumnya dipanggil KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk klarifikasi harta kekayaan Kepala BPN Jaktim pada hari Selasa (21/3). Ia diminta klarifikasi sejak hari Selasa pukul 08.30-19.10 WIB. Sudarman mengaku telah membahas semua data dan fakta terkait harta kekayaannya kepada tim LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) KPK. 

“Semua data dan fakta sudah saya sampaikan” tutur Sudarman singkat ketika ditanya wartawan di Gedung KPK.  

Baca Juga : Setneg Selidiki Harta Esha Rahmansah Akibat Istrinya Gemar Pamer Harta!

Sudarman menilai tim KPK sudah bekerja dengan baik dalam memeriksa harta miliknya, ia berterima kasih KPK telah bekerja secara profesional sesuai dengan prosedur. “Saya ucapkan terima kasih, mereka sudah bekerja profesional” sambungnya.

Istri Kepala BPN Jaktim, Sudarman Harjasaputra, Vidya mendapat sorotan dari warganet dan para pejabat flexing di media sosial. Vidya sering pamer barang-barang mewah dan pamer liburan ke Eropa. 

Namun sejak kasus ini mencuat, akun Instagram Vidya telah hilang. Salah satu foto Vidya ialah sedang berlibur dengan gaun mewah dan berfoto di depan Menara Eiffel di Paris.

Vidya sempat menyebut isu tentang harga-harga barangnya di media sosial itu tidaklah benar. “Jadi yang di media sosial itu tidak benar ya harga-harganya” ucap Vidya usai ia juga diperiksa oleh KPK pada hari Selasa (21/3).

Namun Vidya tidak menjelaskan lebih lanjut tentang kebiasaan pamernya atau berapa harga barang-barang yang ia milik. Yang pasti, saat ini Sudarman dan Vidya sedang dalam sorotan, pihak berwenang akan menyelidiki kewajaran dari harta mereka terlebih dahulu.

Jika dirasa ada yang janggal akan dicari asal muasalnya, sedangkan jika kepemilikan harta bisa dipertanggungjawabkan asal muasalnya, kemungkinan Sudarman bisa kembali mendapat jabatannya. Namun tetap saja perilaku Vidya akan mendapat peringatan dan dihimbau untuk tidak terus lakukan hal serupa.

Baca Juga : Imbas Kasus Mario Dandy, PPATK Blokir Puluhan Rekening Rafael Alun