Viral! Barang - Barang Dari Minimarket Hanyut Akibat Banjir Ini Ceritanya

Sebuah video viral yang memperlihatkan sejumlah barang di minimarket hanyut terbawa banjir, ternyata peristiwa tersebut terjadi di Desa Kerta Jaya, Banjarsari, Lebak, Banten!

Viral! Barang - Barang Dari Minimarket Hanyut Akibat Banjir Ini Ceritanya
Ilustrasi Minimarket. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Viral sejumlah barang di minimarket hanyut terbawa banjir, peristiwa tersebut terjadi di Desa Kerta Jaya, Banjarsari, Lebak, Banten. Video yang beredar berdurasi 35 detik, Nampak suasana sedang turun hujan, kamera lalu fokus pada barang-barang dari dalam minimarket yang keluar dan hanyut terbawa air.

Sejumlah warga di sekitar lokasi pun kaget. “Astagfirullah” ujar salah serang warga dalam video tersebut.

Barang-barang tersebut hanyut dan keluar dari minimarket dari pintu minimarket yang terbuka, sejumlah orang Nampak mengumpulkan berbagai barang yang terbawa air tersebut dengan tangannya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) daerah Lebak, Febby Rizky membenarkan kejadian dalam video tersebut, ia mengatakan memang peristiwa terjadi di Desa Kerta jaya ketika hujan turun deras pada hari Senin 4 April 2022 dimana hujan turun sejak pukul 15.30 – 17.30 WIB.

“Video tersebut benar adanya terjadi di Desa Kerta Jaya Kecamatan Banjarsari” ujarnya kepada awak media hari Selasa 5 April 2022.

Banjir yang terjadi di minimarket tersebut dan lokasi sekitarnya karena adanya penyumbatan drainase yang membuat air meluap dan membuat tembok belakang minimarket jebol sehingga barang-barang yang dijual pun ikut terbawa air.

Baca Juga: Kronologi Ratusan Kios Di Kawasan Lenggang Jakarta Dibakar Karena Cemburu

“Karena di dekat lokasi minimarket itu ada gorong-gorong, tersumbat, akhirnya dampaknya di dinding toko tersebut” imbuhnya.

Febby juga menambahkan, warga di sekitar lokasi turut membantu petugas minimarket mengambil barang-barang dagangan yang hanyut, namun ia memastikan tidak ada korban luka dalam peristiwa ini, dan berapa jumlah kerugiannya masih dihitung.

“Akibatnya, barang tersebut terbawa air, namun sebagian warga juga ikut membantu mengambil barang yang hanyut” jelasnya.

Banten sendiri memang dikenal sebagai wilayah yang sering banjir, hujan turun dalam 2 – 3 jam  bisa membuat genangan air, namun juga bisa segera surut ketika hujan mereda, hal ini pun menjadi sorotan betapa tidak amannya lingkungan di wilayah tersebut terkait dengan kelestarian lingkungannya.

Sebelumnya banjir juga terjadi di Banten akibat hujan pada 28 Februari – 1 Maret 2022 lalu dimana lima kecamatan mencapai 5 meter tinggi airnya. BMKG sendiri menyampaikan sebab banjir di Banten seringkali penyebabnya karena hujan deras yang lama sehingga membuat sungai meluap.

“Hujan ini karena udara yang lembab, adanya konvergensi dan daerah perlambatan masa udara” ujar Sub Koordinator Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani.

Baca juga: Mall Terbesar di Banda Aceh Terbakar