Mall Terbesar di Banda Aceh Terbakar

Mall atau Pusat Perbelanjaan terbesar di Aceh, Suzuya Mall terbakar hebat pada hari Senin 4 April 2022, diduga akibat korsleting listrik.

Mall Terbesar di Banda Aceh Terbakar
Mall terbesar di Aceh terbakar. Gambar : Antara/Dok. Khalis

BaperaNews - Mall atau Pusat Perbelanjaan terbesar di Aceh, Suzuya Mall terbakar hebat pada hari Senin 4 April 2022, diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran terjadi sejak Senin siang jam 12.00 WIB, api sempat padam pada pukul 16.00, namun menjelang waktu buka puasa tiba, kebakaran  kembali terjadi hingga merembet ke bagian depan mall.

Mall yang berlokasi di Desa Lamteumen Timur, Jaya Baru tersebut awalnya diketahui muncul kebakaran di bagian belakang gedung mall, tepatnya di lantai 2. Kepala Desa Lamteumen Timur, Riazil mengungkap api berasal dari perbaikan genset di salah satu gudang di gedung mall tersebut, “Informasi yang kami dapatkan, tadi awalnya ada perbaikan genset sampai terjadi korslet” ujarnya kepada awak media.

Tak lama kemudian, api pun menjalar ke lantai tiga, sehingga asap hitam mengepul ke atas, beruntungnya dalam kebakaran tersebut, seluruh pengunjung dan karyawan segera lari dan berhasil keluar dari mall.

Hingga pukul 20.40 WIB, api masih menjalar ke bagian depan mall, kobarannya terlihat semakin membesar, diantara lalu lalang mobil pemadam kebakaran, Nampak juga warga dari segala arah yang datang ingin menyaksikan sendiri kebakaran tersebut, sebagian dari mereka mengabadikannya dengan kamera ponsel.

Baca Juga : Viral! Wisatawan Nyalakan Petasan Saat Kalong Terbang di TN Komodo

Meksipun sudah diingatkan agar warga tidak memenuhi jalan, namun masih banyak warga yang berada di tempat, Riazil sebelumnya juga sudah meminta agar warga tidak mendekat ke lokasi karena bahaya dan bisa mengganggu laju pergerakan mobil pemadam kebakaran.

Hingga 10 jam sejak kebakaran yakni pukul 22.00 WIB, api masih belum juga padam, sudah ada 20 unit mobil damkar yang dikerahkan dan satu unit water canon, mereka terus bolak-balik berusaha memadamkan api yang tersebar di luar dan juga di dalam gedung mall.

Petugas Nampak kesusahan memadamkan api karena barang dagangan di dalam mall sifatnya mudah terbakar, “Karena ini bahan mudah terbakar semua, jadi kita istirahat sebentar saja apinya langsung merebak lagi, mudah-mudahan ini bisa diatasi dengan cepat” ujar Yubasri, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun tentu kerugian mencapai Miliaran rupiah mengingat mall tersebut ialah yang terbesar di Aceh dan pada bulan Ramadhan ini banyak pedagang meningkatkan stok dagangannya untuk menyambut pembeli namun kini semua lenyap ditelan oleh api.

Baca Juga : Anggota Polres Sibolga Menabrak Warga Hingga Tewas Diproses Hukum