60 Angkot Mewah DKI Ditargetkan Beroperasi di Stasiun Awal 2022

60 unit angkot mewah telah disiapkan oleh pemerintah dan akan beroperasi di stasiun mulai awal tahun 2022. Berikut Informasi Lengkapnya!

60 Angkot Mewah DKI Ditargetkan Beroperasi di Stasiun Awal 2022
Angkot ber-AC . Gambar : dok. Dishub DKI Jakarta

BaperaNews - Total 60 unit Mikro Trans atau yang disebut sebagai angkutan mewah (angkot mewah) telah disiapkan Pemerintah DKI Jakarta untuk beroperasi mulai Januari 2022. “Armadanya sudah ada, untuk yang Mikrotrans kami siapkan 60 an” kata Syafrin Liputo Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta Selasa 28/12/2021.

Pihaknya menargetkan 60 mobil angkot mewah dengan AC itu mulai beroperasi Januari tahun 2022 dan masuk ke kawasan stasiun dengan penataan khusus. Puluhan mobil angkot mewah yang sudah terintegrasi dengan JakLingko itu penumpang bisa menemukan di 3 stasiun yaitu Stasiun Tebet, Gondangdia, dan Tanah Abang.

“Saat kami dari penemuan di lapangan yang bisa dilakukan integrasi seutuhnya ada 3 stasiun, jadi akan kami tempatkan di sana dulu” lanjut Syafrin.

Integrasi Mikrotrans atau angkot mewah itu di stasiun terpilih diharap bisa bekerjasama dengan Kereta Rel Listrik / KRL agar bisa lebih memudahkan warga memakai transportasi umum, yakni lebih nyaman, bersih, dan aman.

“Sehingga ada kesetaraan gitu antara layanan di angkutan dan KRL, penumpang yang turun di stasiun bisa naik angkutan lanjutan ke lokasi berikutnya, contohnya di stasiun Tebet kanada non BRT, layanannya sudah pakai AC, begitu masuk angkutan diharap penumpang lebih nyaman karena ada Mikrotrans ber AC juga” jelas Syafrin.

Sebelumnya pemerintah Jakarta memang sudah berencana memberikan angkutan yang “mewah” dalam artian spesifikasinya tidak dimiliki angkot lain pada umumnya dimana angkot mewah ini lebih luas dalamnya dan memiliki AC sehingga penumpang jelas lebih nyaman karena lebih adem di tengah cuaca yang sedang panas.

Dijelaskan pula oleh Syafrin kapasitasnya ialah 11 penumpang, tiap kursi berjarak 40 cm dan ada sabuk pengaman, kursi berhadapan dengan kursi lain sebagaimana angkutan pada umumnya, sepuluh kursi di jok belakang dan satu penumpang di samping sopir.

Bagian lain yang juga menarik ialah adanya didalam angkot mewah itu ada cctv yang menyorot kabin penumpang dan area jalan sehingga lebih aman. Angkot mewah ini dibuat dari minibus Suzuki Carry, pintu penumpangnya otomatis jadi penumpang lebih mudah naik turunnya.

Syafrin berharap masyarakat bisa terbantu dengan adanya angkot mewah ini, bisa merasa lebih nyaman dan mengurangi kemacetan di Jakarta dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.