Sudah Bisa Dicoba, Begini Cara Gunakan Fitur AI Google Search

Google meluaskan akses fitur AI terbarunya, Search Generative Experience (SGE), ke 120 negara, termasuk Indonesia.

Sudah Bisa Dicoba, Begini Cara Gunakan Fitur AI Google Search
Sudah Bisa Dicoba, Begini Cara Gunakan Fitur AI Google Search. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Google secara resmi meluaskan jangkauan fitur baru berbasis kecerdasan buatan (AI) yang disebut Search Generative Experience (SGE) ke 120 negara atau wilayah, termasuk Indonesia.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan awal tahun 2022 dan sekarang dapat diakses oleh pengguna di berbagai belahan dunia.

SGE merupakan inisiatif Google untuk bersaing dengan produk serupa seperti Bing Chat di browser Microsoft Edge, yang merupakan fitur chatbot AI yang dikembangkan oleh OpenAI.

Layaknya Bing Chat, SGE Google memungkinkan pengguna web berinteraksi dengan AI menggunakan bahasa alami, memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dan menerima tanggapan.

Namun, yang membedakan SGE dari Google dengan produk serupa adalah jawaban yang dihasilkan. 

Fitur ini terus diperbarui dengan berbagai fitur baru, seperti ringkasan dari artikel berbayar, penjelasan definisi dari istilah yang tidak diketahui, jawaban, dan bahkan kemampuan untuk membuat foto atau menulis caption.

Baca Juga : Buntut Perang Hamas-Israel, Google Matikan Fitur Maps di Gaza

Fitur SGE juga memperbarui fitur terjemahan, di mana pengguna dapat meminta alat tersebut untuk menerjemahkan suatu kata dengan banyak arti, dan Google akan menampilkan opsi kata lain yang berkaitan dengan konteks yang dimasukkan pengguna.

Hema Budaraju, Senior Director of Product Management for Search Google, menyatakan kegembiraannya terkait perkembangan ini.

"Kami berada di awal rangkaian inovasi yang panjang, dan kami gembira dengan kemajuan sejauh ini. Kini semakin banyak orang di seluruh dunia yang dapat menggunakan AI generatif dalam Search untuk bantuan sehari-hari, dan kami berharap dapat memperluas jangkauannya ke lebih banyak negara di masa depan."

Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur AI Google ini, langkah-langkahnya cukup sederhana. Buka labs.google.com/search, aktifkan opsi SGE, dan pilih "Try an example". Google akan memandu pengguna dalam pencarian dengan kata bahasa Inggris, namun kemudian dapat diubah ke dalam bahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno menunjukkan bahwa fitur AI SGE dapat dijajal oleh pengguna Chrome di Indonesia melalui program Search Labs Google.

Setelah diaktifkan, pengguna dapat mencoba fitur AI SGE di Chrome di desktop atau aplikasi Google di Android dan iOS. Fitur ini telah diakses di Chrome versi desktop mulai 8 November 2023 dan akan segera tersedia di aplikasi Google dalam beberapa hari ke depan.

Meskipun SGE masih dalam tahap uji coba, Google berharap untuk terus meningkatkan dan memperluas penggunaan AI generatif ini dalam pencarian Google di masa mendatang. Pada laman Search Labs, uji coba SGE dijadwalkan akan berakhir pada Mei 2024.

Pihak Google mencatat bahwa fitur ini masih dalam fase pengumpulan masukan dan pengalaman pengguna, dan belum ada rencana konkret untuk dibagikan pada masa mendatang.

Baca Juga : Hore! Google Photos Kini Bisa Backup Foto RAW