WhatsApp Luncurkan Fitur Flows, Pengguna Bisa Belanja Langsung di Aplikasi

WhatsApp Business merilis fitur terbaru bernama 'Flows' yang memungkinkan pengguna mempercepat transaksi bisnis dan berbelanja dengan mudah.

WhatsApp Luncurkan Fitur Flows, Pengguna Bisa Belanja Langsung di Aplikasi
WhatsApp Luncurkan Fitur Flows, Pengguna Bisa Belanja Langsung di Aplikasi. Gambar : Dokumentasi Meta

BaperaNews - WhatsApp luncurkan sejumlah fitur baru yang membantu pengguna mempercepat penyelesaian bisnis seperti transaksi jual beli. Peluncuran dilakukan di event Conversation Global di Mumbai, India pada hari Rabu (20/9).

Fitur akan muncul secara global dalam beberapa minggu ke depan. Pengguna bisa memanfaatkan formulir bisnis yang ada sesuai kebutuhan.

Fitur WhatsApp Business terbaru ini bernama “Flows”. Fitur Flows menjadi alternatif belanja di WhatsApp. Fitur Flows dirilis karena ternyata banyak orang memilih mengirim pesan terkait transaksi bisnisnya melalui fitur WhatsApp Business dibandingkan lewat email.

Termasuk orang Indonesia, 89% orang Indonesia disebut mengirim pesan ke sebuah bisnis setidaknya seminggu sekali dan data ini salah satu yang tertinggi di dunia.

Fitur Flows diluncurkan agar lebih banyak pelaku bisnis menawarkan pengalaman pada pengguna. Misalnya memilih tempat duduk di kereta cepat, memesan makanan, membuat janji temu, dan lainnya bisa dilakukan tanpa harus keluar dari obrolan WhatsApp” kata Vice President of Product Management for Business Messaging Meta Nikila Srinivasan.

Para pelaku bisnis yang memakai fitur WhatsApp Business nantinya juga bisa lebih yakin telah berkomunikasi dengan sesama pelaku bisnis yang tepat.

Nikita menyebut 81% orang Indonesia cenderung berbisnis dengan membeli dari pihak yang bisa dihubungi langsung dengan mengirim pesan seperti belanja di WhatsApp dengan menghubungi penjual untuk bertanya terkait produk maupun detailnya. 

Baca Juga : Begini Cara Gunakan Fitur Baru Saluran di WhatsApp

Nantinya pengguna fitur WhatsApp Business akan mendapat verifikasi. Untuk bisa mendapat lencana verifikasi harus menunjukkan bukti keotentikannya untuk mendapat dukungan peningkatan akun dan perlindungan dari peniruan identitas.

Para pelaku bisnis yang tertarik mendaftar akan mendapat verifikasi premium yang mencakup kemampuan membuat halaman dengan lebih mudah, memungkinkan bisnisnya mudah ditemukan dengan pencarian web, hingga dukungan multi perangkat agar bisnis bisa dijalankan beberapa karyawan yang menghadapi pelanggan.

Fitur Flows masih diuji di versi beta dan setelahnya akan diperkenalkan ke pengguna seluruh dunia menjanjikan cara belanja di WhatsApp yang lebih mudah dan aman.

WhatsApp terus lakukan pengembangan pada sejumlah fiturnya, tidak sekedar menjadi aplikasi pesan instan namun muncul peluang menjadi aplikasi yang serba bisa yang bisa memberi manfaat lebih untuk pengguna.

Baca Juga : Hati-Hati! Buat Stiker WhatsApp Pakai Muka Orang Bisa Kena Pidana