Microsoft Memisahkan Paket Langganan Teams dan Office 365

Microsoft resmi memisahkan Teams dari paket Office 365, menawarkan 'Microsoft Teams Enterprise' standalone dengan harga kompetitif untuk pelanggan komersial. Baca selengkapnya di sini!

Microsoft Memisahkan Paket Langganan Teams dan Office 365
Microsoft Memisahkan Paket Langganan Teams dan Office 365. Gambar : Microaoft Teams/Natee Meepian's

BaperaNews - Microsoft telah resmi memisahkan platform kolaborasi dan komunikasi Teams dari paket bundel Office 365 secara global. Keputusan ini diumumkan melalui blog resmi perusahaan pada Senin (1/4).

Perubahan kebijakan ini berlaku untuk pelanggan komersial seperti Enterprise, Business, dan Frontline, sementara paket langganan khusus konsumen, akademik, pemerintah Amerika Serikat, dan paket nirlaba saat ini tidak terpengaruh.

Seiring dengan pemisahan ini, Microsoft kini menawarkan paket software produktivitas Office/Microsoft 365 tanpa Teams serta paket baru "Microsoft Teams Enterprise" standalone (mandiri) dengan harga 5,25 dollar AS per bulan. Harga ini lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya seperti Slack Pro dan Slack Business+. 

Pelanggan baru Office/Microsoft 365 Enterprise harus membeli dua paket langganan terpisah, yaitu satu suite Microsoft 365 atau Office 365 tanpa Teams, ditambah paket Microsoft Teams Enterprise.

Namun, pelanggan lama yang sudah berlangganan rangkaian Microsoft 365 atau Office 365 dengan Teams akan memiliki opsi baru. Mereka dapat terus menggunakan, memperbarui, meningkatkan, dan menyesuaikan langganan mereka seperti sebelumnya.

Baca Juga: Microsoft Klaim ChatGPT 4 Akan Hadirkan Fitur Buat Video

Selain itu, mereka juga dapat beralih ke suite tanpa Teams saat melakukan perpanjangan langganan dengan harga berkisar antara 7,75 hingga 54,75 dollar AS, tergantung pada paket mana yang dipilih.

Teams pertama kali diperkenalkan sebagai aplikasi pelengkap rangkaian Office 365 pada tahun 2016 dan telah mengumpulkan lebih dari 320 juta pengguna selama 8 tahun hadir. Namun, keputusan Microsoft untuk menyertakan Teams dalam paket bundel Office 365 menuai kritik dari beberapa pesaing, termasuk Slack, yang menyebut tindakan tersebut sebagai 'ilegal'.

Slack menuduh Microsoft memaksa instalasi Teams kepada pelanggan melalui paket bundel yang mendominasi pasar.

Dengan memisahkan Teams dari paket Office/Microsoft 365, Microsoft bertujuan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan yang sudah ada, memungkinkan mereka untuk terus berlangganan paket saat ini.

Saat ini, pelanggan Enterprise di Indonesia sudah dapat melihat paket Microsoft 365 tanpa Teams di situs resmi Microsoft untuk pasar Indonesia. Meskipun belum terlihat paket baru Microsoft Teams Enterprise standalone, pelanggan masih dapat berlangganan Microsoft Teams Essentials seharga 2 dollar AS per bulan.

Baca Juga: Simple! Berikut Cara Mengganti Kata dan Mencari Kata di Microsoft Word