Mahfud MD Sebut Sosok Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi

Menkopolhukam Mahfud MD menyebut bahwa BIN dan Polri saat ini sudah mengidentifikasi gambaran tentang sosok hacker Bjorka.

Mahfud MD Sebut Sosok Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi
Menkopolhukam Mahfud MD menyebut bahwa BIN dan Polri saat ini sudah mengidentifikasi gambaran tentang sosok hacker Bjorka. Gambar : Dok. Ricardo/JPNN.com

BaperaNews - Hacker Bjorka akhir-akhir ini bikin gerah satu Indonesia akibat aksinya yang membocorkan data warga Indonesia dan sejumlah tokoh politisi. Mahfud MD selaku Menkopolhukam mengatakan bila saat ini BIN dan Polri sudah mengidentifikasi gambaran tentang sosok hacker Bjorka tersebut. 

Mahfud MD mengatakan bila motif pelaku saat ini tidak terlalu membahayakan dan ia juga menyampaikan bila hacker Bjorka tak memiliki keahlian khusus maupun kemampuan membobol sungguh-sungguh. 

"Motif pelaku juga gado-gado, ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya, motif seperti itu tak terlalu membahayakan" Ungkap Mahfud MD dalam konferensi persnya pada Rabu (14/9).

Ia juga menuturkan bila saat ini pemerintah terus mendalami lebih jauh terkait kasus kebocoran data ini. Tak hanya itu, ia memastikan bila gambaran dibalik sosok hacker Bjorka tersebut sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri.

Namun Mahfud MD menyampaikan bila hal tersebut belum bisa di umumkan, gambaran sosok hacker Bjorka dan lokasi keberadaannya diakui Mahfud MD sudah dikantongi BIN dan Polri.

Baca Juga : Kepala BSSN Sebut Serangan Bjorka Intensitas Rendah, Tak Sampai Lumpuhkan Sistem Negara

"Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta pada Rabu (14/9).

Hacker Bjorka akhir-akhir ini cukup meresahkan masyarakat Indonesia dengan menyebar ketakutan atas kebocoran data, beberapa aksi yang dilakukan yakni peretasan 1,3 Milyar data registrasi kartu SIM, dokumen surat menyurat Presiden Jokowi, data KPU, dan lainnya.

Tak hanya itu, hacker Bjorka juga sempat men-doxing Menkominfo Johnny G Plate dan beberapa tokoh politik di tanah air seperti Puan Maharani, Luhut Binsar Panjaitan, Erick Thohir, Anies Baswedan, Iwan Bule dan bahkan pegiat media sosial Denny Siregar.

Doxing sendiri ialah tindakan mengungkap identitas pribadi seseorang secara online seperti nama asli, alamat rumah, lokasi kerja, nomor telepon, data keuangan, dan lainnya. Informasi tersebut disebarkan tanpa izin dari korban.

Permasalahan ini juga telah ditangani serius oleh Presiden Jokowi dengan membuat tim khusus untuk mengatasi sejumlah serangan siber dari hacker Bjorka ke lembaga pemerintah. Tim Khusus tersebut terdiri dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN.

Baca Juga : Erick Thohir Ajak Hacker Lokal Untuk Bantu Pemerintah Lindungi Data Pribadi Rakyat