Portugal Melakukan Kerja Sama Dengan Indonesia, Fahd A Rafiq: Bahas Kerja Sama Ekonomi

Pertemuan Menlu Indonesia dan Portugal membahas kerja sama ekonomi dengan investasi Portugal di Indonesia mencapai 2.000 persen.

Portugal Melakukan Kerja Sama Dengan Indonesia, Fahd A Rafiq: Bahas Kerja Sama Ekonomi
Portugal Melakukan Kerja Sama Dengan Indonesia, Fahd A Rafiq: Bahas Kerja Sama Ekonomi. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Portugal Gomes Cravinho pada Senin (24/7/23).

Dalam pertemuan tersebut Kerja sama ekonomi pun menjadi topik bahasan, Menlu Retno mencatat pertumbuhan yang luar biasa dari nilai investasi Portugal di Indonesia yaitu sebesar 2.000 persen dari 2019 hingga 2022 rekor tertinggi yang dicapai oleh kedua negara.

Keduanya juga membahas kerja sama di sektor kelapa sawit, dengan impor minyak sawit Indonesia oleh Portugal meningkat sebesar 77 persen dari 2019 hingga 2022, yang dipicu oleh insentif impor turunan minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel.

Ketua Umum DPP Bapera memberi tanggapan, pertemuan antara Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu Portugal Gomes Cravinho pada senin (24/7/23) menjalin kerja sama dibidang ekonomi, bahasan tersebut telah menjadi pertumbuhan luar biasa, investasi Portugal di Indonesia diketahui mencapai 2.000 persen dari tahun 2019 hingga 2022.

“Indonesia dengan Portugal melakukan kerja sama ekonomi, melalui Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu Portugal Gomes Cravinho melakukan pertemuan senin (24/7/23). Bahasan dalam pertemuan tersebut tercatat pertumbuhan luar biasa dari nilai investasi Portugal kepada Indonesia yang mencapai 2.000 persen dari 2019 hingga 2022. Saya rasa ini hal positif kedua negara yang melakukan kerja sama, dan dapat menguntungkan kedua belah pihak.” Ujar Fahd A Rafiq.

Dirinya juga menambahkan, “Menlu Portugal Gomes Cravinho juga membahas sektor kelapa sawit, impor minyak sawit Indonesia oleh Portugal meningkat 77 persen, ini merupakan nilai besar untuk untuk kedua belah pihak, semoga kerja sama ini terus terjaga untuk kedepannya, dan terus memberikan dampak positif kedua belah pihak negara.” Tutup Fahd A Rafiq.

Berdasarkan data Kemlu RI, pada periode Januari-Oktober 2022, perdagangan bilateral Indonesia-Portugal tercatat sebesar 139,5 juta dolar AS (sekitar Rp2 triliun) dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 80,9 juta dolar AS (sekira Rp1,2 triliun).

Dibandingkan periode yang sama tahun 2021, terdapat peningkatan nilai perdagangan sebesar 2,2 persen. Sementara realisasi investasi Portugal di Indonesia pada 2021 adalah sebanyak 13 proyek investasi senilai 1,65 juta dolar AS (sekitar Rp24,8 miliar).

Penulis : FNID