Mulai Agustus 2023, Masyarakat Bisa Rasakan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Mulai tanggal 18 Agustus 2023, PT KCIC resmi mengumumkan bahwa masyarakat bisa mencoba moda transportasi terbaru ini dengan tarif spesial. Simak selengkapnya!

Mulai Agustus 2023, Masyarakat Bisa Rasakan Kereta Cepat Jakarta Bandung
Mulai Agustus 2023, Masyarakat Bisa Rasakan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Gambar : Dok. PT KCIC

BaperaNews - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan masyarakat bisa mulai mencoba moda transportasi umum terbaru ini mulai 18 Agustus 2023 dengan tarif spesial.

Masyarakat diajak naik kereta cepat sebelum dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023. Pihak KCIC belum bisa janjikan apa akan memberi tarif uji coba gratis untuk masyarakat, sebab pihaknya masih menunggu hasil kajian dari skema sistem pembelian tiket.

“Agustus masyarakat sudah bisa mencobanya setelah peluncuran kereta cepat. Tata cara dan skemanya itu belum ditetapkan, masih dalam pembahasan” kata Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti pada Rabu (14/6).

Selama dilakukan uji coba peluncuran kereta cepat, masyarakat bisa naik kereta cepat dari Stasiun Halim, Jakarta dengan tujuan Stasiun Padalarang, Bandung Barat dalam waktu 30 menit saja. Dari stasiun Padalarang, perjalanan dilanjut dengan KA Feeder menuju Stasiun Bandung selama 18 menit.

Baca Juga : Kronologi Kecelakaan Kereta Teknis Di Jalur KCJB, 2 Orang Tewas

Untuk tarif KA feeder sudah termasuk dalam tiket KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) sehingga penumpang tak perlu membayar lagi.

Sementara untuk tarif KCJB belum ditetapkan, yang pasti KCJB akan memiliki 3 kelas yakni premium ekonomi, second class, first class dengan tarif dan fasilitas berbeda untuk kenyamanan penumpang.

Kabar masyarakat sudah mulai bisa mencoba kereta cepat ini sebelumnya sempat disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar.

Rencana awalnya kereta cepat mulai diuji coba pada 15 Juni 2023 untuk dipersiapkan pada operasional Agustus 2023. Di tahap awal, Luhut menyebut operasional digratiskan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar jalur rel kereta cepat Jakarta Bandung.

“Jadi mereka akan kita sampaikan, ini gratis, sambil mencoba kereta cepat Jakarta Bandung dan itu akan kita capai 350 km/jam” tutur Luhut Jumat (9/6) lalu.

Dengan hadirnya kereta cepat, Luhut percaya jarak perjalanan Jakarta-Bandung bisa ditempuh dalam waktu 1 jam bahkan bisa kurang. Dengan demikian akan memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilisasi, bisa bepergian lebih cepat, aman, dan nyaman.

Peluncuran kereta cepat Jakarta Bandung ini ialah yang pertama kalinya di Indonesia, rencananya jalur akan terus diperpanjang hingga Surabaya untuk kemudian dikembangkan ke wilayah Indonesia lainnya. Diharapkan dengan terus diperbaiki dan ditingkatkan infrastruktur negara ini membuat ekonomi Indonesia lebih baik lagi.

Baca Juga : Respon Kemenhub Terkait Jadwal KCJB Bakal Mundur