Bocoran Tarif LRT: Mulai Rp5 Ribu Hingga Jarak Terjauh Rp 25 Ribu

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan rencana penetapan tarif LRT Jabodebek, dengan tarif yang diperkirakan antara Rp 20.000-25.000 untuk perjalanan jarak jauh.

Bocoran Tarif LRT: Mulai Rp5 Ribu Hingga Jarak Terjauh Rp 25 Ribu
Bocoran Tarif LRT: Mulai Rp5 Ribu Hingga Jarak Terjauh Rp 25 Ribu. Gambar : Jawapos.com/Dok. Dery Ridwansah

BaperaNews - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkap rencana penetapan tarif LRT jarak jauh Jabodebek yakni Rp 20.000-25.000. Kepastian tarif LRT Jabodebek baru diumumkan beberapa waktu ke depan.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menambahkan, bocoran tarif LRT Rp 25.000 itu berlaku untuk rute perjalanan terjauh yakni Cibubur-Bekasi. Dari Jakarta-Bekasi atau Jakarta-Cibubur dikenai tarif Rp 20.000.

“Dengar-dengar bocoran tarif LRT jarak jauh ya antara Rp 20.000-25.000 kira-kira. Tapi kita akan hitung lagi, tentunya tidak asal hitung, baik itu untuk biaya dari masyarakat kita akan pertimbangkan, dalam keadaan ini pemerintah juga memberi subsidi” kata Budi hari Rabu (12/7).

“Jadi kalau kita total tarif LRT jarak jauh sekitar Rp 20.000 Jakarta-Bekasi atau Jakarta-Cibubur” sambung Risal.

Detail dari bocoran tarif LRT ialah Rp 5.000 untuk km pertama dan Rp 700 per km selanjutnya. LRT Jabodebek mulai beroperasi secara komersial atau berbayar pada 18 Agustus 2023.

LRT Jabodebek sendiri memakai sistem yang lebih canggih dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumatera Selatan sebab memakai generasi ketiga atau GoA Level 3 yang memungkinkan kereta bisa beroperasi tanpa masinis. Namun di dalam kereta tetap ada petugas yang berjaga sebagai antisipasi jika terjadi hal darurat. 

Baca Juga : Ini Dia Sosok Dibalik Rencana Luhut Impor 3 KRL Baru

Kereta juga mampu mengatur jarak secara otomatis sehingga tetap aman. Semua sistem telah diatur oleh OCC (operation control center). Jadi masyarakat bisa menikmati transportasi umum yang cepat, nyaman, dan aman meski dijalankan tanpa driver. 

Sebelum beroperasi secara resmi, LRT Jabodebek membuka kuota untuk pendaftaran uji coba dengan tarif hampir gratis Rp 1. War tiket sudah bisa dilakukan mulai Senin malam (10/7). Namun per hari Selasa (11/7), tiket uji coba telah habis. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk mencoba LRT Jabodebek.

“Sehubungan dengan kuota pendaftaran yang sudah penuh, maka pendaftaran uji coba LRT Jabodebek Rp 1 terpaksa kami tutup. Nantikan event selanjutnya dari LRT Jabodebek ya” bunyi keterangan resmi LRT Jabodebek hari Selasa (11/7).

Uji coba telah dilaksanakan mulai hari Rabu 12 Juli 2023 kemarin dan akan berakhir pada 15 Agustus 2023 mendatang. Ada 4 rute yang menjadi jalur uji coba yakni Dukuh Atas-Harjamukti, Dukuh Atas-Jatimulya, Harjamukti-Dukuh Atas, dan Jatimulya-Dukuh Atas.

Baca Juga : Cara Daftar Tiket LRT Gratis, Berlaku Seluruh Jabodebek