Matt Healy Singgung Malaysia di Lollapalooza

Matt Healy The 1975 mengekspresikan ketidakpuasan pada Malaysia melalui sindiran di acara Lollapalooza 2023.

Matt Healy Singgung Malaysia di Lollapalooza
Matt Healy Singgung Malaysia di Lollapalooza. Gambar : Instagram/@the1975

BaperaNews - Matt Healy yang pernah viral di Malaysia karena aksi viralnya berciuman dengan sesama jenis pada konser The 1975 Malaysia diduga menyindir Malaysia ketika manggung di Lollapalooza 2023 di Grant Park, Chicago hari Sabtu (5/8).

Diketahui konser The 1975 di Malaysia beberapa waktu lalu diboikot dan dihentikan paksa karena vokalis The 1975 ciuman dengan rekan prianya di tengah aksi panggungnya di hadapan seluruh penonton konser padahal jelas di Malaysia ditegaskan bahwa LGBT dilarang.

Video sindiran Matt Healy di Lollapalooza 2023 kepada Kerajaan Malaysia beredar di video. Matt Healy menyebut ia memberi saran dan tips untuk bepergian.

“Kalian mau nasehat perjalanan dari saya? jangan pergi ke…” kata Healy yang kemudian terpotong oleh intro lagu It’s Not Living if it’s Not With You. Suara gitar yang dimainkan oleh Adam Hann terdengar sebelum Healy melanjutkan pembicaraannya sehingga Healy tidak sempat menyelesaikan kalimatnya. Namun banyak yang menduga pesan Healy di Lollapalooza 2023 ialah tentang Malaysia, ia menyarankan penggemarnya untuk tidak ke Malaysia.

Healy dinilai masih merasa sakit hati akibat insiden konser The 1975 yang diboikot di Malaysia pada Jumat (21/7) lalu karena vokalis The 1975 ciuman sesama jenis yang jelas melanggar aturan di Malaysia. 

Baca Juga : Grup Band The 1975 Umumkan Batal Manggung di We The Fest 2023

Malaysia terkenal sebagai negara yang tegas dan tidak mengakui hak LGBT. Sebab itu bagi siapapun yang melanggar termasuk Healy mendapat sanksi yang tegas.

Aksi vokalis The 1975 ciuman dinilai sebagai bentuk pelecehan pada hukum Malaysia meski Healy merasa hal itu bukanlah kesalahan. Healy sempat mengungkap ketidaksetujuannya [ada anti LGBT yang diterapkan pemerintah Malaysia.

“Saya tidak melihat poin penting mengundang The 1975 ke sebuah negara dan kemudian mengatur kepada kami dengan siapa saja kami bisa berhubungan seks. Saya minta maaf jika itu menyinggung kalian dan kalian religious. Tapi pemerintah kalian sungguh parah. Saya tidak peduli lagi, jika kalian memaksa saya akan balas, saya sudah tidak berminat lagi” kata Healy yang kemudian mencium bassist The 1975 Ross MacDonald dan keduanya berciuman sesama jenis di atas panggung.

Sesaat kemudian, konser The 1975 di Malaysia dihentikan paksa, band asal Inggris itu diminta turun dari panggung.

Pihak promotor konser menegaskan bahwa pihaknya sudah menjelaskan aturan Malaysia tentang LGBT namun sayangnya pihak The 1975 tidak mematuhinya dan tidak memenuhi komitmennya untuk laksanakan aturan tersebut sehingga konser memang harus dihentikan.

Konser The 1975 di Indonesia yang direncanakan pada 23 Juli 2023 juga resmi dibatalkan akibat insiden tersebut.

Baca Juga : Imbas Cium Mulut Sesama Jenis, Konser The 1975 Dibanned