Rizky Billar Telah Bebas Atas Kasus KDRT, Tapi Tetap Wajib Lapor

Rizky Billar kini telah bebas usai Lesti Kejora mencabut laporannya atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), namun Billar harus tetap wajib lapor.

Rizky Billar Telah Bebas Atas Kasus KDRT, Tapi Tetap Wajib Lapor
Rizky Billar kini telah bebas usai Lesti Kejora mencabut laporannya atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), namun Billar harus tetap wajib lapor. Gambar : Dok. Deki Prayoga/Dream.Co.Id

BaperaNews - Lesti Kejora telah resmi mencabut laporannya terhadap kasus KDRT yang dilakukan oleh suaminya, Rizky Billar. Kini  Rizky Billar telah bebas, namun harus tetap wajib lapor.

“Penangguhan penahanan dari istri kami kabulkan. Namun ada kewajiban yang dilakukan tersangka yakni wajib lapor, proses penyidikan masih berlangsung di samping restorative justicenya” ujar Kapolres Metro Jaksel Kompol Ade Ary Jumat (14/10).

“Penegakan hukum yang kami lakukan sesuai UU Nomor 23 Tahun 2004, dengan asas mengembalikan keharmonisan dalam rumah tangga sekaligus mencegah KDRT terulang lagi” imbuhnya.

Restorative Justice sendiri ialah penyelesaian kasus dengan melibatkan korban, pelaku, keluarga korban dan pelaku, tokoh agama dan tokoh adat, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencari penyelesaian bersama yang adil dan damai dengan penekanan pada keadaan semula.

Lesti Kejora dan keluarga memutuskan untuk memaafkan dan berdamai dengan Rizky Billar disertai dengan surat perjanjian, sejumlah hal ditekankan dalam surat tersebut, salah satunya tentang larangan bagi Rizky Billar melakukan kekerasan, Rizky Billar juga menyampaikan janji-janjinya di surat tersebut.

“Beliau janji tidak akan mengulangi, ketika proses perdamaian, setelah selesai akan bertemu anak. Beliau juga meminta maaf kepada orang tua saya dan orang tua saya memaafkan” tutur Lesti.

Baca Juga : Komnas Perempuan Sebut Damainya Kasus KDRT Rugikan Lesti Kejora

 Perdamaian  Lesti Billar Panen Hujatan

Lesti Kejora memutuskan untuk memaafkan Rizky Billar, jalan untuk damai semakin terbuka lebar. Namun, bukannya membuat lega, hal ini justru membuat Lesti Kejora jadi bahan hujatan warganet. Lesti yang awalnya dibela warganet dianggap telah nge-prank masyarakat se-Indonesia.

Namun Lesti Kejora menyebut tidak masalah jika banyak yang membenci karena keputusannya. “Itu hak setiap orang masing-masing ya, ditanya seperti itu gapapa, Insya Allah ini jadi pelajaran penting untuk saya dan suami saya” jawabnya ketika ditanya wartawan, “Tidak takut dibenci fans?”.

“Bucin akut”, “Bucin ga gitu juga kali, nanti kalau kejadian lagi kaga ada yang bela”, “Katanya kalau selingkuh ga dimaafin kok ini dimaafin, netizennya bubar”, ujar warganet.

Wajah Ayah Lesti Disorot

Dalam konferensi pers, Lesti Kejora didampingi ayah dan pengacaranya. Wajah ayah Lesti disorot, diduga ayah Lesti begitu kecewa putrinya memutuskan untuk memaafkan Rizky Billar. Ayahnya seolah tidak ikhlas, kecewa, dan begitu tertekan, takut putrinya akan mengalami kejadian serupa.

Endang Mulyana, ayah Lesti nampak banyak diam, ekspresi sedih dan kecewa di wajahnya nampak jelas.

“Dari raut mukanya nampak amarah yang tak bisa diungkap”, “Salfok sama wajah ayah Endang yang kecewa banget”, “Lihat mata dan wajah ayahmu dia tidak terima dengan keputusanmu”, tutur warganet.

Baca Juga : Lesti Kejora Cabut Laporan KDRT, Polisi: Silahkan Itu Haknya