Lolos UTBK SBMPTN? Ini Tahapan dan Hal Yang Perlu Kalian Lakukan!

Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 dilaksankan hari ini Kamis 23 Juni 2021, para siswa dan siswi harus tau hal-hal yang perlu dilakukan setelah lolos SBMPTN 2022

Lolos UTBK SBMPTN? Ini Tahapan dan Hal Yang Perlu Kalian Lakukan!
Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022. Gambar : kabar24.bisnis.com

BaperaNews - Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 akan dilaksanakan pada hari ini Kamis 23 Juni 2021. Pengumuman yang mulai dibuka pukul 15.00 WIB tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang.

Karena pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 ini akan menjadi penentu apakah kamu lolos di jurusan impian atau sebalikya.

Lantas, jika kamu dinyatakan lolos UTBK SBMPTN 2022, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan? Biar tidak bingung, mari simak penjelasan yang Baperanews rangkum untuk Anda.

Hal-hal yang perlu dilakukan setelah lolos UTBK SBMPTN 2022:

1. Melakukan pendaftaran ulang

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah dinyatakan lolos SBMPTN yaitu dengan melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh PTN tujuan. Persiapkan segala dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran ulang dari jauh-jauh hari agar proses daftar ulang berjalan lancar. Berikut beberapa daftar dokumen umum untuk proses pendaftaran ulang:

  • Kartu tanda peserta SBMPTN.
  • STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi.
  • Fotokopi Akte Kelahiran.
  • Kartu keluarga.
  • Pas foto terakhir.
  • Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima.
  • Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus).
  • Bukti kelulusan di SBMPTN.

2. Mencari teman dan grup angkatan

Pada umumnya, sebelum perkuliahan dimulai sudah ada grup yang buat khusus untuk angkatan mahasiswa. Grup ini biasanya dibuat agar memudahkan untuk kalian saling mengenal, berbagi informasi, dan sekaligus persiapan masa orientasi di bangku perkuliahan PTN.

Biasanya kamu dapat bergabung ke grup angkatan melalui sosial media dari PTN tujuan kamu, bisa dari sosial media BEM ataupun Himpunan Mahasiswa jurusan kamu.

Baca Juga : Pengumuman SBMPTN 2022 Jam Berapa? Ini Link Cadangan Dan Cara Cek Hasilnya

Langkah ini menjadi salah satu langkah penting untuk kamu yang lolos dalam UTBK SBMPTN, karena dengan bertemu teman baru kamu dapat bertukar informasi terkait perkuliahan ataupun sekedar untuk saling membantu satu sama lain.

3. Mempersiapkan perlengkapan ospek

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan perlengkapan kuliah. Salah satunya ialah perlengkapan masa orientasi. Biasanya, kamu diminta untuk menggunakan atribut dan mempersiapkan barang-barang perlengkapan sesuai dengan kebutuhan.

4. Persiapan Mental

Persiapan mental juga menjadi hal yang penting sebelum memulai perkuliahan. Memiliki sistem belajar yang berbeda dengan sekolah, persiapan mental menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Di bangku perkuliahan, kamu akan dituntut untuk belajar lebih mandiri. Harus ada kesadaran penuh untuk menggali materi terkait mata kuliah yang dipelajari. Paham atau tidaknya kamu dengan materi yang disampaikan ada di tangan kamu sendiri.