AS Jadi Yang Pertama Suntik Vaksin Covid 19 Kepada Balita

Negara Amerika Serikat (AS) menjadi yang pertama kali di dunia memberikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak dan balita, hal ini disambut positif oleh para orang tua.

AS Jadi Yang Pertama Suntik Vaksin Covid 19 Kepada Balita
AS mulai suntikkan vaksin Covid 19 kepada Anak-anak dan Balita. Gambar : Reuters.com/Dok. Hannah Beier

BaperaNews - Sejumlah Klinik Kesehatan dan Rumah Sakit di Amerika Serikat (AS) pada hari Selasa 21 Juni 2022 mulai memberikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak dan balita, hal ini menjadi yang pertama kali di dunia dan disambut positif oleh para orang tua dimana vaksin ini bisa melindungi anak-anak mereka dari virus Covid 19.

Jutaan dosis vaksin digelontorkan ke sejumlah daerah Negara AS tersebut, sebelumnya vaksin Covid-19 diutamakan untuk lansia dan pengidap penyakit bawaan, kemudian untuk masyarakat umum dan remaja, dan kini anak balita sudah diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 yakni anak-anak berusia 6 bulan – 4 tahun dimana mereka juga beresiko terpapar Covid 19 sebagaimana orang dewasa.

Tingginya angka Covid 19 di AS sebelumnya menyebabkan lebih dari 45.000 anak balita harus dirawat di RS dan hampir 500 diantaranya meninggal dunia.

“Kami sangat bahagia” ujar Amisha Vakil, seorang ibu dari dua anak kembar berumur 3 tahun yang datang untuk mengantar anaknya menerima vaksin jenis Moderna di RS Anak Texas di Houston. Salah satu dari anak kembarnya telah menjalani operasi jantung saat berumur 5 bulan. “Dia amat beresiko, jadi kami selama ini tinggal di gelembung, kini dia telah mendapat perlindungan dan itu sangat membantu” imbuhnya.

Baca Juga : Kemenkes: 3 Dari 20 Kasus Covid Terkena Varian BA5 Berusia 5 – 12 Tahun

Sebagian besar anak-anak yang datang untuk vaksin Covid-19 ialah mereka yang lahir di masa pandemi, hidup dalam penuh pembatasan dan harus kenal dengan protokol kesehatan sejak kecil.

Minggu lalu, panel pakar mengevaluasi uji klinis dengan melibatkan ribuan anak yang diberi vaksin jenis Moderna dan Pfizer. Dari penelitian dinyatakan kedua jenis vaksin tersebut aman dan efektif untuk anak balita.

Presiden AS Joe Biden mengungkap Negara yang ia pimpin ialah Negara pertama yang mengesahkan vaksin Covid-19 untuk balita.

“Kabar baik, vaksin untuk anak di bawah usia lima tahun sudah disahkan oleh FDA dan direkomendasikan CDC. Untuk pertama kali, warga AS bisa mendapat akses perlindungan dari vaksin penyelamat nyawa ini, mulai dari anak-anak termuda hingga kami warga senior” tulis Joe Biden dalam sebuah pernyataan resmi di Twitter (19/6).

Vaksin jenis Moderna tersebut dipakai untuk anak usia 6 bulan – 17 tahun, dan jenis Pfizer untuk anak usia 6 bulan – 4 tahun.