New York Darurat Banjir Bandang Imbas Badai Ida

Beberapa Kota di New York mengalami darurat banjir bandang imbas Badai Ida, 9,1 juta warga didesak untuk mengungsi

New York Darurat Banjir Bandang Imbas Badai Ida
Gambar : Indianexpress

BaperaNews - Beberapa Kota di New York dilanda banjir usai Badai Ida menerjang wilayah pesisir timur laut Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir.

Terdapat 3 negara bagian di wilayah timur laut Amerika Serikat yang terdampak langsung oleh Badai Ida yang mengakibatkan beberapa kota padat penduduk, termasuk New York, berada di bawah peringatan Darurat Banjir Bandang hingga Rabu (01/09/2021) malam.

Peringatan adanya banjir bandang tersebut pertama kali dikeluarkan untuk Kota New York, kemudian Brooklyn dan Queens.

Sebanyak 9,1 juta warga kota tersebut kemudian didesak oleh Layanan Cuaca Nasional Amerika Serikat (NWS) untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi guna mengantisipasi ancaman terjadinya banjir bandang.

Gambar : Twitter/@NWSNewYorkNY

Mengutip dari NBC New York, NWS New York pun menjelaskan di dalam postingan Twitternya bahwa hal ini adalah pertama kalinya kami (NWS) harus mengeluarkan peringatan darurat banjir bandang.

Peringatan tersebut menghimbau agar para warga dapat menghindari wilayah yang tergenang air dan daerah-daerah banjir.

Selain itu, NWS New york juga memberikan peringatan badai petir parah kepada daerah Queens dan Brooklyn dengan ancaman curah hujan lebat hingga hujan es hingga 60 mph.

Kemudian peringatan tornado pun turut dikeluarkan kepada beberapa wilayah bagian yakni Manhattan, New Rochelle, Bronx, Mount Vernon dan beberapa kota di wilayah New Jersey.

Pada daerah tersebut juga kemungkinan akan mengalami pemadaman listrik akibat dari adanya hujan lebat yang diikuti dengan angin kencang.

Bill de Blasio yang merupakan Wali Kota Passaic, New Jersey, Wali Kota New York, juga turut mengumumkan status darurat banjir di kotanya.

Blasio mengatakan bahwa ia memiliki situasi serius selama beberapa jam terakhir. Kejadian ini sangatlah krusial bagi warga untuk menghindari jalanan. Warga harus berada pada kondisi aman, dan kejadian ini akan terus memburuk setidaknya pada beberapa jam kedepan. 

Sejumlah warga New york pun terlihat mengunggah video di Twitter yang memperlihatkan kondisi genangan banjir yang merendam banyak mobil di tengah jalanan kota.

Bahkan beberapa mobil sports terlihat mengapung akibat terbawa arus banjir. Sejumlah warganet juga menyampaikan bahwa sebagian jalanan yang berada di kota New York ditutup akibat banjir.