Kementerian PUPR Akan Rilis Game Roblox untuk Kenalkan IKN Nusantara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkolaborasi dengan platform game Roblox untuk merilis game edukasi Nusangka.

Kementerian PUPR Akan Rilis Game Roblox untuk Kenalkan IKN Nusantara
Kementerian PUPR Akan Rilis Game Roblox untuk Kenalkan IKN Nusantara. Gambar : economy.okezone.com

BaperaNews - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan kerja sama dengan game Roblox dalam rangka peluncuran game edukasi Nusangka yang bertujuan mengenalkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada masyarakat.

Sebagai salah satu platform game online terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan, Roblox menjadi pilihan strategis Kementerian PUPR dalam mencapai tujuan edukasi tersebut.

Inisiatif ini diharapkan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan IKN yang berkelanjutan, inklusif, dan inovatif.

Game Nusangka ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai kawasan IKN Nusantara, seperti Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Kawasan Perkotaan Terpadu (KPT), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), hingga Kawasan Konservasi Alam (KKA).

Selain itu, informasi mengenai berbagai infrastruktur dasar yang dibangun oleh kementerian PUPR di IKN Nusantara juga dapat diakses melalui game ini.

Dengan desain yang interaktif, pengguna game Nusangka dapat merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan, mulai dari mengendarai kendaraan, menanam pohon, hingga membangun rumah. 

Baca Juga : Ibu Kota Pindah ke IKN, Jakarta Bakal Ganti Nama Jadi 'DKJ'

Interaksi dengan karakter-karakter penting dalam game, seperti Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menambah daya tarik tersendiri bagi para pemain.

Fitur-fitur pendukung seperti peta interaktif, kuis pengetahuan, leaderboard, serta reward memastikan game Nusangka tidak hanya mengedukasi, namun juga memberi pengalaman bermain yang tak terlupakan.

"Kami berharap kolaborasi ini memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda," ungkap perwakilan dari Kementerian PUPR.

Tersedia dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Inggris, game Nusangka dapat dimainkan oleh siapa saja yang memiliki akun Roblox.

Bagi yang berminat mencoba, game nusantara ini dapat diakses melalui link tertentu atau game Roblox di berbagai platform, termasuk smartphone dan komputer.

Kolaborasi antara kementerian PUPR dan Roblox ini adalah bentuk inovasi dalam bidang edukasi lingkungan dan infrastruktur. Dengan menggabungkan teknologi game dan informasi, diharapkan masyarakat lebih paham dan mendukung pembangunan IKN Nusantara. 

@baperanews.com Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan kerja sama dengan game Roblox dalam rangka peluncuran game edukasi Nusangka yang bertujuan mengenalkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada masyarakat. #kementrianpupr #roblox #beritaviral #baperanews ♬ Bercyandya - DJ Bombompret

Baca Juga : ASN yang Pindah ke IKN, Siap-siap Tidur 1 Kamar Berisi 6 Orang