Kemendagri Pastikan Pemilu 2024 Tak Ditunda

Menanggapi banyaknya rumor beredar tentang perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi menjadi tiga periode, Kemendagri, menegaskan Pemilu dan Pilkada 2024 tidak akan ditunda dan akan tetap digelar sesuai jadwal!

Kemendagri Pastikan Pemilu 2024 Tak Ditunda
Kemendagri Pastikan Pemilu 2024 Tak Ditunda. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri, Imran, menegaskan Pemilu dan Pilkada 2024 tidak akan ditunda dan akan tetap digelar sesuai jadwal awal yang sudah disepakati, hal ini ia tegaskan untuk menanggapi banyaknya rumor beredar tentang perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode.

“Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada akan dilakukan serentak pada tahun 2024 yang akan datang sesuai dengan kesepakatan yang sudah disepakati pada 24 Januari 2022 lalu” ujarnya hari Kamis 7 April 2022.

“Tidak ada yang namanya ditunda, kemudian yang namanya perpanjangan masa” lanjutnya.

Imran pun meminta para pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan Pemilu atau Pilkada cukup fokus saja mempersiapkan diri, dan meminta pemerintah daerah , KPU, serta Bawaslu di tingkat daerah dan pusat segera mempersiapkan untuk menggelar Pemilu di tahun 2024 mendatang.

“Termasuk juga ini partai politik mulai dari DPP sampai ke DPC, jadi kita harus sudah mulai sekarang untuk mempersiapkan diri” tuturnya.

Baca Juga: Pekerja Dengan Gaji Di Bawah Rp 3.5 Juta Dapat Subsidi Upah Sebesar 1 Juta

Sebelumnya ramai sejumlah elit politik mendukung adanya wacana Pemilu ditunda dan perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode, wacana tersebut pertama disampaikan oleh Ketum PKB, Cak Imin. PAN turut memberi dukungan, Golkar juga memberi indikasi positif, bahkan dukungan juga diberikan dan dilontarkan oleh para Menteri Jokowi.

Presiden Jokowi pun akhirnya melarang para jajarannya bicara tentang penundaan Pemilu maupun perpanjangan masa jabatan, ia tak ingin para Menterinya membuat polemik di masyarakat dan meminta seluruh kabinetnya fokus bekerja.

“Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan tentang penundaan, perpanjangan” tegas Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta hari Selasa lalu 5 April 2022.

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan pun mendukung perintah Jokowi tersebut, ia menyampaikan partainya tidak akan lagi ikut membahas wacana penundaan Pemilu 2024, ia menyebut kini hanya akan fokus mempersiapkan diri menyambut Pemilu 2024.

“Iya, PAN sudah tidak lagi mengarah ke tunda pemilu, kita sekarang sudah siap pemilu, kalaupun ada respon dari PAN terkait penundaan pemilu, itu hanyalah bagian dari respon yang berkembang di masyarakat kala itu, kala itu loh ya” ujarnya. “Jadi kami sebenarnya siap mengikuti pemilu sesuai jadwal yang sudah diagendakan” tegasnya.

Baca Juga: Cuti Bersama Lebaran 4 Hari 29 April Hingga 4 Sampai 6 Mei 2022