KAI Beri Diskon 20% Khusus Penumpang Disabilitas, Ini Syarat dan Cara Belinya!

Mulai 17 September 2023, PT KAI (Kereta Api Indonesia) memberikan diskon sebesar 20% untuk tiket kereta api kepada penumpang disabilitas.

KAI Beri Diskon 20% Khusus Penumpang Disabilitas, Ini Syarat dan Cara Belinya!
KAI Beri Diskon 20% Khusus Penumpang Disabilitas. Gambar : Instagram/@kai121_

BaperaNews - PT KAI (Kereta Api Indonesia) memberi diskon diskon tiket kereta api sebesar 20% khusus untuk penumpang disabilitas. Diskon berlaku mulai 17 September 2023 dan seterusnya. Diskon diberikan dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2023.

“Diskon tiket kereta api 20% khusus untuk penumpang disabilitas sebagai kadi KAI di Hari Pelanggan Nasional. Bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental, atau sensorik dalam jangka waktu berhak mendapat diskon ini” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus hari Selasa (5/9).

Untuk mendapat diskon tiket kereta api 20%, penumpang disabilitas wajib mendaftar terlebih dahulu di Customer Service stasiun selambarnya H-2 keberangkatan.

Registrasi dilakukan dengan membawa surat keterangan asli dari Puskesmas atau Rumah Sakit tentang kondisi disabilitas yang dialami.

Registrasi boleh diwakilkan oleh keluarga atau orang lain dengan membawa surat keterangan disabilitas tersebut dan pas foto penumpang yang didaftarkan. 

Baca Juga : Mulai 1 September 2023, Naik Kereta di Stasiun Gambir Cukup Scan Wajah

Registrasi hanya dilakukan sekali saja, selanjutnya penumpang disabilitas bisa membeli tiket melalui loket stasiun atau aplikasi KAI Access dan otomatis akan mendapat diskon tiket kereta api 20%. Diskon berlaku selamanya sampai ada aturan baru.

“Yang perlu diperhatikan ialah proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta apinya dimana pemegang tiket diskon wajib menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli sebagai seorang penyandang disabilitas” imbuh Joni.

Jika pada pemeriksaan tidak bisa menunjukkan KTP asli atau surat keterangan disabilitas maka tiket diskon dianggap hangus dan penumpang diturunkan pada kesempatan pertama.

Joni berharap diskon khusus pelanggan disabilitas ini bisa memudahkan mereka dalam bepergian dengan menggunakan kereta api.

“Dengan adanya diskon tiket kereta api 20% untuk penumpang disabilitas ini diharap bisa memudahkan masyarakat kita penyandang disabilitas agar bisa bepergian dengan kereta api secara nyaman, aman, dan tepat waktu” pungkas Joni.

Identitas atau surat keterangan disabilitas perlu dibawa penumpang hingga ke atas kereta api, dengan tujuan memudahkan pemeriksaan oleh petugas serta bisa mendapat bantuan ketika proses boarding.

Hal ini dilakukan agar bisa lebih nyaman baik itu ketika naik ataupun turun dari kereta api. Diskon juga berlaku mulai 17 September 2023 dan seterusnya sampai ada aturan baru diterbitkan.

Baca Juga : Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Meluncur pada Oktober 2023