Hari Raya Idul Adha 2023 Jatuh Tanggal Berapa? Ini Jadwalnya

Seluruh umat islam telah selesai merayakan Hari Raya Idul Fitri dan akan menyambut Hari Raya Idul Adha 2023. Kapan Lebaran haji 2023 tiba? Simak jadwalnya disini.

Hari Raya Idul Adha 2023 Jatuh Tanggal Berapa? Ini Jadwalnya
Hari Raya Idul Adha 2023 Jatuh Tanggal Berapa?. Gambar : AFP/Dok.Chaideer Mahyuddin

BaperaNews - Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji biasa diperingati tiap tanggal 10 Dzulhijjah. Umat islam seluruh dunia akan menggelar shalat id dan menjalankan ibadah kurban di hari spesial tersebut.

Idul Adha menjadi wujud dari rasa syukur umat islam, menjadi pembersih atas nikmat yang didapatkan, juga berbagi atas kebahagiaan yang mereka miliki. Sebab itu Idul Adha dilakukan kurban hewan dan dibagikan kepada semua warga sekitar. Di Hari Raya Idul Adha umat islam juga shalat id secara berjamaah.

Pada Hari Raya Idul Adha, seluruh umat islam dilarang berpuasa sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW “Pada kedua hari ini Nabi Muhammad melarang berpuasa, yakni pada hari Idul Fitri sesudah Ramadhan dan pada hari raya Idul Adha sesudah wukuf di Arafah”.

Di Hari Raya Idul Adha, orang-orang yang mampu akan berkurban hewan, bisa kambing, sapi, kerbau, atau unta. Daging hewan yang disembelih tersebut kemudian dibagikan kepada warga sekitar dan pihak yang berkurban. Diharapkan di Hari Raya Idul Adha ini semua bisa menikmati daging yang biasanya hanya bisa dinikmati oleh orang berkecukupan.

Baca Juga : Menjelang Hari Raya Idul Adha: Berikut Keutamaan, Jadwal Dan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Hingga Arafah 2022

Hari Raya Idul Adha 2023 Menurut PP Muhammadiyah

Pemerintah Indonesia biasanya menggelar sidang isbat untuk menentukan hari 10 Dzulhijjah 1444 H, sedangkan PP Muhammadiyah telah menentukan terlebih dahulu tanggal Hari Raya Idul Adha 2023 berdasarkan Majelis Tarjih dan Tajdid yakni jatuh pada 28 Juni 2023.

“Tanggal 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh di hari Senin, 19 Juni 2023, maka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah  1444 H jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023” bunyi maklumat PP Muhammadiyah yang didapat dari metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menentukan permulaan bulan termasuk penentuan tanggal Idul Adha.

Hari Raya Idul Adha 2023 Menurut Pemerintah

Di kalender nasional 2023 atau menurut pemerintah, tanggal Hari Raya Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis 29 Juni 2023, namun hari tersebut juga belum bisa dipastikan, baru sekedar perkiraan.

Pemerintah akan menjalankan sidang isbat menjelang hari lebaran haji 2023 sebagaimana ketika menentukan hari Ramadhan dan lebaran.

Ada kemungkinan tanggal lebaran haji 2023 yang ditentukan PP Muhammadiyah dan pemerintah berbeda karena ada perbedaan dasar dalam penentuannya, namun hal tersebut bukan masalah, masyarakat bisa memilih sesuai keyakinan dan tidak perlu dijadikan bahan untuk perpecahan.

Baca Juga : Menjelang Hari Raya Idul Adha, Simak 3 Larangan Yang Perlu Diketahui Umat Muslim!