188 Calon Haji Paluta Secara Resmi Lakukan Manasik Haji

Penjabat Bupati Paluta membuka secara resmi Pelaksanaan Manasik Haji yang diikuti oleh 188 Calon Jemaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara.

188 Calon Haji Paluta Secara Resmi Lakukan Manasik Haji
188 Calon Haji Paluta Secara Resmi Lakukan Manasik Haji. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Penjabat Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, membuka secara resmi Pelaksanaan Manasik Haji yang diikuti oleh 188 Calon Jemaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara di Aula Masjid Raya Gunungtua pada Senin, (6/5).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh dan instansi, termasuk Kakan Kemenag Paluta Drs. H. Safiruddin Harahap, M.Pd., Asisten I, Kajari Paluta, Pimpinan OPD, Kapolsek Padang Bolak, Danramil 05/PB, Pimpinan Bank Sumut, Ketua MUI Paluta, Ketua FKUB Paluta, Ketua Baznas Paluta, Ketua Dewan Masjid Indonesia Paluta, para Petugas Haji Daerah, serta Tokoh Agama dan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Paluta, Drs. H. Safiruddin Harahap, M.Pd., menjelaskan tujuan dari manasik haji, yakni untuk memberikan pemahaman tentang tata cara dan hikmah ibadah haji serta persiapan fisik dan mental yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah tersebut.

Penjabat Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., menyatakan bahwa manasik haji merupakan persiapan yang penting dalam menjalankan ibadah haji dengan benar sesuai ajaran agama.

Selain itu, manasik haji memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para jamaah, baik sebelum keberangkatan, selama pelaksanaan, maupun setelah kembali ke daerah asal.

Beliau juga mendorong seluruh calon jemaah untuk sungguh-sungguh mengikuti bimbingan, rajin membaca, dan mempelajari materi agar pengetahuan mereka tentang ibadah haji terus bertambah, dengan harapan mereka dapat mendapatkan predikat haji mabrur.

Di samping itu, beliau juga menegaskan pentingnya disiplin dalam mengatur waktu serta menjaga kesehatan melalui pola makan, minum, dan istirahat yang cukup.

"Saya berharap agar seluruh calon haji sungguh-sungguh mengikuti bimbingan, rajin membaca, mempelajari materi, agar pengetahuan tentang ibadah haji terus bertambah, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur," ucap Bupati.
Calon Jemaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara terdiri dari: 
Laki-laki : 78 orang
Perempuan : 110 orang
Tertua : 
Perempuan : Rosminar Siregar berusia 80 tahun
Laki2 : Mangaraja Huala berusia 81  
Termuda :
Perempuan : Sofiawati Harahap berusia 36 tahun 
Laki-laki : Muhammad Lohot berusia 33 tahun
Calon Jemaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara berangkat melalui kloter 24, dan diberangkatkan dari Mesjid Raya Gunungtua pada 7 Juni 2024. Rencananya Jemaah akan tiba di tanah air pada 21 Juli 2024
(Haryan).