Google Drive Dibatasi, Backup Chat WhatsApp Bakal Bayar

Google mengumumkan bahwa mulai akhir tahun ini, backup chat WhatsApp di Google Drive tidak lagi gratis alias akan berbayar.

Google Drive Dibatasi, Backup Chat WhatsApp Bakal Bayar
Google Drive Dibatasi, Backup Chat WhatsApp Bakal Bayar. Gambar : Unsplash/Mika Baumeister

BaperaNews - Para pengguna WhatsApp harus segera memperhatikan kebijakan baru yang diberlakukan oleh Google terkait penyimpanan backup chat di Google Drive.

Google mengumumkan bahwa mulai akhir tahun ini, backup chat WhatsApp di Google Drive tidak lagi gratis, dan para pengguna perlu membayar jika ingin menyimpan chat, foto, atau video mereka dengan puas.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp Android dapat dengan bebas melakukan backup chat mereka di Google Drive tanpa menghabiskan kuota penyimpanan.

Artinya, semakin besar ukuran backup chat, semakin cepat pula kapasitas penyimpanan Google Drive pengguna akan terkikis, mengakibatkan kemungkinan terbatasnya ruang penyimpanan secara gratis.

Jika kuota Google Drive habis, pengguna kemudian diharuskan membayar layanan Google One untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan mereka.

Kebijakan baru ini akan diterapkan terlebih dahulu pada pengguna WhatsApp Beta pada Desember 2023. Kemudian, mulai awal tahun depan, kebijakan ini akan merata ke seluruh pengguna WhatsApp Android.

Baca Juga : WhatsApp Luncurkan Fitur Baru: Kode Rahasia Untuk Buka Chat Lock

Meskipun Google Drive merupakan salah satu tempat penyimpanan yang aman untuk backup chat WhatsApp, kebijakan ini memaksa pengguna untuk mempertimbangkan opsi lain.

Selain Google Drive, opsi lain yang tersedia adalah menyimpan chat langsung di memori HP. Meski demikian, cara ini dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas penyimpanan ponsel.

Berikut langkah-langkah cara backup chat WhatsApp menggunakan Google Drive:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android.
  2. Klik menu ikon titik tiga yang berada di bagian atas layar.
  3. Pilih menu Pengaturan (Setting).
  4. Klik menu Obrolan (Chat) dan pilih opsi Cadangan obrolan (Chat backup).
  5. Klik pada tab Cadangkan ke Google Drive.
  6. Atur frekuensi pencadangan dan pilih akun Google yang ingin digunakan untuk backup data.
  7. Klik opsi Izinkan (Allow).
  8. Setelah itu, klik opsi Backup untuk memulai proses.

Baca Juga : Fitur Baru Whatsapp: Panggilan Grup Kini Bisa 31 Orang