Elon Musk Bakal Sediakan Internet Untuk Gaza Lewat Starlink

Elon Musk menyatakan bahwa Starlink, layanan internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX, akan mendukung konektivitas di Gaza.

Elon Musk Bakal Sediakan Internet Untuk Gaza Lewat Starlink
Elon Musk Bakal Sediakan Internet Untuk Gaza Lewat Starlink. Gambar : Instagram/@ elonmuskh

BaperaNews - Setelah serangan udara Israel yang menyebabkan terputusnya akses komunikasi di Gaza, masyarakat Palestina meminta bantuan dari Elon Musk, pendiri SpaceX dan layanan satelit internet Starlink.

Kondis ini membuat warga Gaza kesulitan mendapatkan bantuan dan berkomunikasi dengan dunia luar. Mereka mengalami pemadaman total layanan telepon dan internet setelah serangan udara Israel merusak infrastruktur telekomunikasi dan listrik.

Menanggapi permintaan tersebut, Elon Musk menyatakan bahwa Starlink, layanan internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX, akan mendukung konektivitas di Gaza untuk mendukung organisasi bantuan yang diakui secara internasional.

Musk mengekspresikan komitmennya dalam sebuah balasan tweet, di mana ia menawarkan bantuan teknologi Starlink untuk memulihkan internet di Gaza.

Namun, Menteri Komunikasi Israel, Shlomo Karhi, merespon dengan skeptisisme terhadap tawaran Elon Musk. Ia menyatakan kekhawatirannya bahwa Hamas, kelompok yang menguasai Gaza dan dianggap sebagai kelompok teroris oleh Israel, dapat memanfaatkan konektivitas Starlink untuk kegiatan terorisme.

Baca Juga : Sah! PSI Deklarasikan Dukungannya untuk Prabowo-Gibran

Karhi mengancam untuk memutuskan semua hubungan dengan Starlink jika teknologi tersebut dihubungkan dengan upaya pembebasan tawanan oleh Hamas.

Elon Musk menjawab dengan memastikan bahwa mereka tidak akan mengabaikan aspek keamanan dalam menyediakan layanan Starlink di Gaza.

Ia menegaskan bahwa tidak akan ada upaya koneksi dari Gaza tanpa tujuan kemanusiaan. Setiap terminal Starlink yang digunakan di Gaza akan diperiksa keamanannya oleh pemerintah AS dan Israel sebelum diaktifkan.

Pemadaman akses internet dan komunikasi di Gaza telah menjadi masalah serius dari berbagai pihak, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan LSM Human Rights Watch. Kondisi tersebut membuat sulitnya upaya bantuan kemanusiaan, akses ke layanan kesehatan, dan komunikasi dengan keluarga yang tinggal di luar Gaza. 

tagar #starlinkforgaza ramai dan jadi viral di media sosial. Mereka berharap agar Elon Musk dan Starlink dapat membantu warga Gaza dengan menyediakan akses internet.

Dengan komitmen Elon Musk untuk mendukung internet di Gaza, nampaknya Elon Musk mendapatkan perhatian dari para warganet. Tentu positioning yang dipilih Elon Musk akan menentukan dukungannya terhadap isu Israel dan Palestina.

@baperanews.com Setelah serangan udara Israel yang menyebabkan terputusnya akses komunikasi di Gaza, masyarakat Palestina meminta bantuan dari Elon Musk, pendiri SpaceX dan layanan satelit internet Starlink #elonmusk #gaza #starlink #baperanews ♬ News, news, seriousness, tension(1077866) - Lyrebirds music

Baca Juga : Dahnil Anzar: Prabowo Bakal Daftar ke KPU 24 Oktober