Ada Kendala Listrik Saat Lebaran 2023? Lapor Pakai PLN Mobile Saja

Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN) menjelaskan kepada masyarakat yang sedang menjalankan aktivitas mudik untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan layanan dari aplikasi PLN Mobile.

Ada Kendala Listrik Saat Lebaran 2023? Lapor Pakai PLN Mobile Saja
Ada Kendala Listrik Saat Lebaran 2023? Lapor Pakai PLN Mobil Saja. Gambar : Dok.layanan.pln.co.id

BaperaNews - Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN) menjelaskan kepada masyarakat yang sedang menjalankan aktivitas mudik untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan layanan dari aplikasi PLN Mobile.

Dengan hadirnya aplikasi PLN Mobile, diharapkan masyarakat bisa lebih tenang selama lebaran karena bisa memanfaatkan layanan online kelistrikan.

Keberadaan super app PLN Mobile dianggap sangat penting dan bisa menjadi one stop solution untuk memenuhi dan memberi solusi terkait kebutuhan listrik sehari-hari.

Menurut Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN), di dalam aplikasi PLN Mobile tersebut sudah ada banyak fitur pendukung yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengaduan jika nanti saat di kampung halaman ternyata mengalami kendala kelistrikan. 

Baca Juga : PLN Buka Program Mudik Gratis, Simak Cara Daftar, Rute, dan Jadwal Keberangkatan

“Lebaran nanti, masyarakat tidak usah merasa risau dengan datang langsung ke kantor PLN untuk membuat laporan terkait kendala kelistrikan. Hanya dengan smartphone, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk menyampaikan gangguan hingga keluhan,” kata Ada Kendala Listrik Saat Lebaran 2023? Lapor Pakai PLN Mobil Saja pada hari Kamis 6 April 2023.

Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN) memberi penjelasan tersebut saat dilakukan Ape Siaga Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H pada hari Rabu 5 April 2023.

Tak hanya membuat laporan, keluhan dan aduan saja, aplikasi PLN Mobile juga bisa dimanfaatkan untuk mencari tempat pengisian daya kendaraan listrik.

“Dengan berbekal aplikasi PLN Mobile, masyarakat bisa menemukan berbagai lokasi charging station di seluruh daerah di Indonesia. Selama 24 jam non stop, terdapat petugas yang disiapkan untuk memberi bantuan kepada masyarakat selama pengisian daya kendaraan listriknya,” tambah Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN).

Sampai saat ini, PLN sudah menyediakan 616 SPKLU yang bisa ditemukan di 237 lokasi di Indonesia. Khusus jalur tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, tersedia 16 titik SPKLU yang bisa digunakan.

“Di beberapa rest area sudah ada SPKLU yang dibekali dengan teknologi fast charging dan ultra fast charging. Dimana untuk bisa mengisi baterai mobil sampai penuh, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja,” tutur Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN).

Selain itu Darmawan Prasodjo (Direktur Utama PLN) juga menyebutkan sudah menyiapkan 2.300 posko dengan 81.690 personel. 

Baca Juga : Selama Lebaran, "Car Free Night" di Jalan Malioboro Ditiadakan