Beroperasi Mulai Jam 5 Pagi, Ini Cara Naik LRT Jabodebek

Dapatkan informasi terbaru tentang LRT Jabodebek, dari rute Cibubur hingga Bekasi. Pelajari langkah-langkah naik LRT di sini!

Beroperasi Mulai Jam 5 Pagi, Ini Cara Naik LRT Jabodebek
Beroperasi Mulai Jam 5 Pagi, Ini Cara Naik LRT Jabodebek. Gambar : Kompas/Faqihah Muharroroh Itsnaini

BaperaNews - PT Kereta Api Indonesia (KAI) merinci tahapan cara naik LRT Jabodebek jelang LRT diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 28 Agustus 2023 mendatang.

“Nantinya saat sudah beroperasi secara penuh, LRT Jabodebek melayani penumpang mulai pukul 05.00 sampai 23.30 WIB” kata EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus hari Jumat (25/8).

Raden menjelaskan, ada 2 line perjalanan yakni :

  1. Cibubur – melintas di Stasiun Dukuh Atas, Cawang, Harjamukti PP
  2. Bekasi – melintas di Stasiun Dukuh Atas, Cawang, Halim, Jatimulya PP

LRT tersedia di 18 stasiun, menghubungkan kota Jakarta, Depok, Bogor, dan Bekasi. Ada 434 perjalanan kereta api LRT Jabodebek yang melayani penumpang tiap harinya dimana satu rangkaian kereta api bisa menampung hingga 1.308 penumpang.

Trainset berjumlah 31. 27b trainset untuk operasional utama dan 4 trainset untuk cadangan. Tiap trainset terdiri dari 6 kereta api.

Baca Juga : LRT Jabodebek Dapat Subsidi, Tarif Termahal Rp 27 Ribu

Berikut cara naik LRT Jabodebek :

  1. Siapkan kartu elektronik seperti KMT KAI, e-money perbankan, atau scan QRIS, LinkAja, dan KAI PAY
  2. Tap in di gate stasiun keberangkatan, setelah sukses, pelanggan bisa ke peron sesuai tujuan perjalanannya
  3. Masuk ke gerbong LRT dengan tertib, dahulukan penumpang yang turun
  4. Tap out ketika tiba di stasiun tujuan di gate yang tersedia, saldo di kartu uang elektronik otomatis terpotong

“Bagi masyarakat yang kehabisan saldo uang elektronik, cara naik LRT Jabodebek tetap bisa dilakukan dengan top up di 2 unit ticket vending machine atau loket penjualan kartu uang elektronik yang ada di tiap stasiun LRT” lanjut Raden.

KAI telah memasang 14 gate turnstile dan 2 gate wide (untuk pelanggan disabilitas) di tiap stasiun LRT Jabodebek. Khusus stasiun Halim, KAI memakai gate flap untuk memudahkan pelanggan yang hendak atau telah memakai pesawat terbang.

“Stasiun LRT Jabodebek telah terkoneksi dengan transportasi umum lain seperti Commuter Line, MRT Jakarta, TransJakarta, Kereta Cepat Jakarta Bandung, Mikrotrans, Trans Patriot, angkutan kota, juga angkutan umum swasta” tutup Raden.

Presiden Jokowi telah mencoba langsung naik LRT Jabodebek bersama para pejabat dan selebriti serta tokoh terkenal Indonesia sebelum LRT diresmikan pada 28 Agustus 2023 mendatang. Usai LRT diresmikan, LRT bisa dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat dalam bermobilitas. Yuk naik LRT Jabodebek!

Baca Juga : Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Cuma Rp 200 Ribuan!