Viral! Mie Gacoan Diruqyah oleh Sekelompok Pria Bergamis

Video viral menunjukkan aksi ruqyah di Warung Mie Gacoan Pamekasan, mengundang kontroversi dan pertanyaan mengenai etika dan izin dalam kegiatan keagamaan.

Viral! Mie Gacoan Diruqyah oleh Sekelompok Pria Bergamis
Viral! Mie Gacoan Diruqyah oleh Sekelompok Pria Bergamis. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@undercover.id

BaperaNews - Warung Mie Gacoan di Pamekasan, Jawa Timur, baru-baru ini menjadi subyek video viral yang memperlihatkan sekelompok pria bergamis yang tengah melakukan ruqyah tempat usaha tersebut.

Video yang diunggah pada Jumat (22/9) menunjukkan ketujuh pria bergamis tersebut mengangkat tangan sembari berzikir "Lailahailallah", mendoakan pengunjung agar selamat dan tetap ingat kepada Allah SWT.

Ezil, manajer Mie Gacoan area Pamekasan, membenarkan kejadian Mie Gacoan dirukiah dan mengungkapkan kegangguannya, mengingat tindakan tersebut dapat menimbulkan asumsi publik yang berdampak pada bisnisnya.

"Benar itu kejadian kemarin (Kamis) malam," ujarnya.

Mie Gacoan, yang merupakan anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi, telah dikenal sebagai merk dagang dari jaringan restaurant mie pedas no 1 di Indonesia. Mereka pernah mendapat sorotan karena penggunaan nama menu seperti Mie Iblis dan Mie Setan, yang kemudian diubah setelah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 22 Juni.

Baca Juga: TikTokers Cilik Lala Dikabarkan Kena Santet, Ibu Mendapati 'Buhul' Pasca Ruqyah

Pria-pria yang melakukan ruqyah pada Mie Gacoan di Jawa Timur ini diduga berasal dari kelompok Jamaah Tabligh, yang terkenal dengan aktivitasnya mendatangi tempat-tempat ramai di Pamekasan, seperti alun-alun Areklancor dan depan stadion.

Menurut informasi, mereka datang tanpa izin dan memulai untuk berdoa, hal ini menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran mengenai niat dan implikasi dari kegiatan ruqyah mereka.

"Cukup terganggu karena menimbulkan asumsi publik baik itu positif maupun negatif, dan juga akan ada penggiringan opini bagi pihak yang kontra dengan instansi kami," pungkas Ezil.

Kelompok ini memang dikenal sering mendatangi tempat-tempat yang mereka anggap sebagai tempat maksiat anak muda. Dengan datangnya tanpa izin di gerai Mie Gacoan, tindakan ini telah menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, mengingat konsekuensi potensial terhadap reputasi tempat usaha tersebut.

Kontroversi ini menyoroti pentingnya memperoleh izin sebelum melaksanakan kegiatan seperti ruqyah, terutama di tempat umum yang berisiko menimbulkan asumsi dan opini negatif dari publik, dan ini membawa pesan kepada kita semua tentang pentingnya kehati-hatian dalam bertindak serta mempertimbangkan dampak dari tindakan kita kepada orang lain.

Video viral ini mengingatkan kita semua untuk selalu waspada dan menghargai etika serta norma-norma sosial yang berlaku. Meski ruqyah merupakan praktek yang baik dan dapat mendatangkan manfaat, namun melakukannya dengan cara yang salah bisa memberikan dampak negatif.

@baperanews.com Warung Mie Gacoan di Pamekasan, Jawa Timur, baru-baru ini menjadi subyek video viral yang memperlihatkan sekelompok pria bergamis yang tengah melakukan ruqyah tempat usaha tersebut. #gacoan #miegacoan #virał ♬ Suspense, horror, piano and music box - takaya

Baca Juga: Podcats Dianggap Sebagai Kutukan, Deny Sumargo Minta Di Ruqyah