Sukacita Berujung Malapetaka, Pemuda Tewas Tersambar Petir Saat Lomba Panjat Pinang

Pemuda yang seharusnya merayakan HUT RI dengan sukacita tiba - tiba berubah menjadi sebuah tragedi mengenaskan.

Sukacita Berujung Malapetaka, Pemuda Tewas Tersambar Petir Saat Lomba Panjat Pinang
Pemuda tewas tersambar petir saat lomba panjat pinang. Gambar : PrioritasLampung.Id/Kiki

BaperaNews - Euforia perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang seharusnya dirayakan dengan sukacita tiba - tiba berubah menjadi sebuah tragedi saat pemuda bernama Bagas Prayoga (21) tersambar petir saat lomba panjat pinang digelar.

Pemuda yang merupakan warga Gisting, Tanggamus, Lampung ini tewas seketika saat berada di lokasi lomba panjat pinang.

Tragedi ini berawal saat korban bersama dengan timnya berhasil memanjat di lomba panjat pinang yang disediakan oleh panitia HUT RI Ke 77 di Gisting.

Kepalan Pekon Gisting Sunardi mengatakan sebelum kejadian memang lokasi perlombaan panjat pinang dilanda hujan lebat. Kemudian perlombaan sempat dihentikan oleh panitia lantaran hujan semakin deras.

Hingga akhirnya hujan berhenti, kegiatan perlombaan pun dilanjutkan. Namun, panitia memberikan himbauan akan merobohkan tiang panjat pinang sekitar pukul 16:00 WIB jika belum ada yang mencapai puncak.

"Setelah hujan berhenti, kegiatan dilanjutkan kembali. Panitia sempat menghimbau, apabila hingga pukul 16:00 WIB belum ada peraih puncak, maka pinang akan dirobohkan," ujar Sunardi.

Namun sebelum pukul 16:00 WIB ada tim yang berhasil mencapai puncak di lomba panjat pinang.

Baca Juga : Kronologi Seorang Ibu Meninggal Saat Lomba Balap Karung Di Tasikmalaya

Karena kondisi cuaca yang masih mendung, sesampainya di atas korban (pemuda Bagas) sempat berhenti sebentar karena ada petir. Setelah itu, panitia mengimbau kepada korban untuk segera mengambil hadiah yang disukainya dan segera turun dari puncak lomba panjat pinang.

Tetapi karena euforia yang dirasakan, pemuda tersebut pun mengambil beberapa hadiah lalu dilemparkan kepada teman-temannya. Dan seketika petir pun menyambar saat korban (Bagas) sedang asik mengambil hadiah dari puncak lomba panjat pinang.

"Ketika posisi korban berada di puncak panjat pinang, tiba-tiba pemuda tersambar petir di tubuhnya. Tak lama kemudian, korban (pemuda Bagas) langsung terjatuh dari pohon pinang," kata Kapolsek Talang Padang Iptu Bambang Sugiono (18/8).

Akibat kejadian pemuda tersambar petir tersebut, korban pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Panti Secanti Gisting untuk mendapatkan perawatan. Namun saat tiba di rumah sakit, pihak medis menyatakan pemuda bernama Bagas Prayoga sudah meninggal dunia.

Bambang mengatakan setelah kejadian tersebut pihaknya langsung mendatangi TKP untuk melakukan olah TKP dan proses identifikasi.

"Atas peristiwa itu, kami langsung mendatangi lokasi dan meminta keterangan saksi - saksi. Untuk selanjutnya, kami himbau masyarakat saat melaksanakan panjat pinang, selalu memperhatikan cuaca," ujar Bambang.

Terlebih lagi, saat ini daerah Tanggamus dan sekitarnya sedang musim penghujan. Pemuda tersebut sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blok VII Pekon Gisting.

Baca Juga : Tragis! Buruh Tani Bawang Tersambar Petir di Probolinggo