Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Jelang MotoGP Indonesia 2022

Menanggapi banyaknya keluhan, Sirkuit Mandalika di NTB akan diaspal ulang sebelum perhelatan MotoGP digelar pada Maret 2022 mendatang. Simak berita lengkapnya!

Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Jelang MotoGP Indonesia 2022
Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Jelang MotoGP Indonesia 2022. Gambar: Okezone.com

BaperaNews - Sirkuit Mandalika di NTB akan diaspal ulang sebelum perhelatan digelar pada Maret 2022 mendatang, hal ini untuk menanggapi banyaknya keluhan dari para pembalap di tes pramusim lalu yang mengeluh aspal kotor dan banyak kerikil sehingga mengganggu latihan mereka dan membahayakan. Adapun MotoGP akan digelar pada tanggal 18 – 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.

PT PP mengungkap pengaspalan ulang akan dilakukan setelah dilakukannya evaluasi pada 11 – 13 Februari lalu, pengaspalan dilakukan dari bagian sebelum tikungan 17 hingga ke area setelah tikungan 5. “FIM, akan mengawasi homologasi trek, sudah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tentang perlunya perbaikan ini” tulisnya dalam pernyataan resmi laman MotoGP.

“Perbaikan dilakukan minimal 7 hari sebelum acara peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia” tambahnya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Disebut Layak Jadi Lokasi Balap F1, Tim F1 Temui Gubernur NTB

Rencana pengaspalan pun sudah disetujui oleh ITDC dan PT PP selaku kontraktor, sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur PT PP, Novel Arsyad. “Memang di tempat-tempat tertentu harus segera dilakukan pengaspalan ulang, di hari Minggu dan Senin kita koordinasi kita putuskan hingga pertemuan sampai malam hari dengan konsultan” ujarnya.

“Setelah itu kami akhirnya sepakat akan standar yang harus dilakukan dengan melakukan pengaspalan ulang tersebut” lanjutnya.

Setelah kesepakatan tercapai, PT PP langsung membuat jadwal untuk mengaspal ulang Sirkuit Mandalika, mereka kini telah bergerak untuk mengaspal ulang sejak tanggal 15 Februari 2022 dan ditargetkan akan selesai pada 10 Maret 2022.

Diharapkan keluhan yang dirasakan para pembalap tidak terjadi lagi di tes utama MotoGP nanti, panitia dan pemerintah sebaik mungkin memberi segala fasilitas dan layanan yang terbaik demi suksesnya acara balap motor tertinggi di dunia ini.

Diketahui sebelumnya ketika tes pramusim sempat hujan deras sehingga banyak debu dan lumpur di lintasan yang bahkan para pembalap terpaksa harus membersihkannya sendiri, hal ini pun mendapat banyak kritik dari tanah air maupun dari internasional, dimana ada pula salah satu pembalap yang memar tangannya akibat terkena kerikil saat mengemudi.

Maka dari itu pemerintah berjanji memperbaiki semuanya dan memberikan perubahan terbaik agar Sirkuit Mandalika bisa dipakai senyaman dan seaman  mungkin oleh para pembalap yang berlomba dan para kru yang terlibat.

Baca Juga: Erick Thohir Bertemu Pembuat Miniatur Pesawat Garuda, Beri Modal Rp 50 Juta