1598 Personel TNI Polri Dikerahkan Jaga Keamanan Proket Saat MotoGP Mandalika

Kapolri ungkap akan kerahkan 1.598 personel dari TNI dan Polri untuk mengamankan ajang MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Simak berita lengkapnya!

1598 Personel TNI Polri Dikerahkan Jaga Keamanan Proket Saat MotoGP Mandalika
1598 Personel TNI Polri Dikerahkan Jaga Keamanan Proket Saat MotoGP Mandalika. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan akan menerjunkan 1.598 personel dari TNI dan Polri untuk mengamankan ajang MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, NTT bulan Maret 2022 mendatang. Pengamanan tersebut disesuaikan dengan proses persiapan dilaksanakan, berapa kebutuhannya. Dengan demikian, bisa jadi personel akan ditambah lagi jika memang dibutuhkan.

“Tentunya akan ada penambahan personil TNI dan Polri yang disesuaikan dengan ancaman yang mungkin akan dihadapi atau pola pengamanannya” ujar Listyo kepada awak media hari Jumat 11 Februari 2022.

Polri dan TNI akan melakukan pengamanan dengan ketat terhadap setiap pelaksanaan protokol kesehatan, serta sistem bubble akan diterapkan di wilayah tersebut yang menjadi perhatian khusus.

“Kami akan memeriksa secara langsung sehubungan dengan pengamanan keamanan yang dilakukan dalam rangka menjamin seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dilaksanakan pada bulan Maret 2022” jelasnya.

Listyo mengatakan memang sebelumnya sempat terjadi masalah di lokasi namun ia memastikan hal tersebut sudah bisa diselesaikan dengan baik. Di sisi lain, Listyo juga memastikan pelaksanaan event nanti akan dilakukan dengan prokes ketat.

Baca Juga: Jawaban MGPA Soal Kabar Adanya Pembalap Yang Komplain Sirkuit Mandalika Saat Tes Pramusim MotoGP 2022 Hari Pertama

Pemeriksaan mulai dari tes PCR, dokumen, tes swab, antigen harian, juga aturan batas area khusus untuk peserta, masyarakat, dan official akan dijalankan sesuai dengan SOP (Standart Operasional Prosedur).

“Sehingga tidak akan tercampur antara panitia daerah atau masyarakat yang mungkin membantu pelaksanaan kegiatan, artinya kita lihat bahwa sistem bubble dalam rangka menjaga prokes semua berjalan baik” paparnya.

Saat ini memang sedang dijalankan uji coba MotoGP Mandalika hingga 13 Februari 2022. Indonesia akan resmi menjadi tuan rumah MotoGP bulan Maret 2022. Sebelumnya uji coba, ratusan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Indonesia di Kecamatan Puju, Lombok Tengah melakukan aksi unjuk rasa dengan memblokir jalan di depan kawasan Sirkuit Mandalika Selasa lalu 8 Februari 2022.

Mereka menyatakan protesnya kepada PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITC) dan juga panitia Mandalika Grand Prix Association (MGPA) karena mereka menganggap tidak dilibatkan sama sekali dalam pekerjaan di ajang MotoGP dimana mereka punya kompetensi dan kemampuan namun tidak diberi kesempatan.

Direktur PT ITDC, Bram Subiandoro pun berjanji mencari solusi untuk tuntutan para pemuda tersebut, “Kami akan diskusi dengan pihak terkait apa yang menjadi harapan dari para pemuda ini” ujar Bram.

Baca Juga: Intip Keseruan Tes Pramusim MotoGP Mandalika, Berasa Liburan!