Semua Menteri Dipastikan Akan Hadiri Sidang Kabinet di IKN dan Menginap di Hotel Nusantara

Seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju akan menghadiri sidang kabinet paripurna pertama di Ibu Kota Nusantara pada 12 Agustus 2024.

Semua Menteri Dipastikan Akan Hadiri Sidang Kabinet di IKN dan Menginap di Hotel Nusantara
Semua Menteri Dipastikan Akan Hadiri Sidang Kabinet di IKN dan Menginap di Hotel Nusantara. Gambar: Dok.Headtopics

BaperaNews - Seluruh menteri dalam Kabinet Indonesia Maju dipastikan akan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin, (12/8).

Kepastian ini disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Muhammad Yusuf Permana, yang juga menyatakan bahwa semua menteri akan menginap di Hotel Nusantara.

Sidang kabinet tersebut akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi dijadwalkan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024 dan akan berada di sana hingga 13 Agustus 2024. Setelah itu, beliau akan kembali ke Jakarta pada 14 Agustus 2024.

"Ya tanggal 11 (Agustus) beliau (Presiden) ke sana, nanti tanggal 12-nya (Agustus) direncanakan, itu baru direncanakan, untuk sidang kabinet di sana," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otorita IKN dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan Jakarta beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi sebelumnya telah merencanakan sidang kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. Namun, pelaksanaan sidang ini bergantung pada kesiapan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan.

"Menunggu semuanya siap, komplit," ujar Presiden Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (1/8).

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Sebut Jokowi Bakal Gelar Sidang Kabinet di IKN 12 Agustus

Presiden Jokowi menekankan bahwa kesiapan yang dimaksud bukan hanya mencakup aliran listrik dan air, tetapi juga furnitur seperti kursi dan AC yang harus tersedia lengkap untuk menunjang kegiatan sidang kabinet paripurna.

"Tidak hanya listriknya, airnya, tapi juga AC-nya, kursinya, furniturnya semuanya harus komplit," tambah Jokowi.

Seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju akan menginap di Hotel Nusantara selama sidang kabinet berlangsung. Keputusan ini diambil untuk memastikan para menteri dapat berpartisipasi penuh dalam sidang dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di IKN.

Yusuf Permana menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk memindahkan kegiatan pemerintahan ke IKN sebagai bagian dari upaya percepatan pembangunan di ibu kota baru tersebut.

"Sidang Kabinet Paripurna tanggal 12 Agustus (di IKN). Semua menteri hadir. Menginap di Hotel Nusantara," kata Yusuf pada Sabtu (3/8).

Sidang kabinet di IKN merupakan langkah strategis pemerintah untuk memperlihatkan komitmen terhadap pembangunan ibu kota baru. Dengan mengadakan sidang kabinet di IKN, pemerintah ingin menunjukkan kesiapan dan kapabilitas IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan sidang ini diharapkan dapat mempercepat proses pemindahan kegiatan pemerintahan ke IKN dan meningkatkan efisiensi dalam koordinasi antar kementerian.

Untuk mendukung kelancaran sidang kabinet, berbagai persiapan infrastruktur telah dilakukan di IKN. Mulai dari penyediaan listrik, air, hingga fasilitas pendukung seperti AC dan furnitur telah dipastikan tersedia dan siap digunakan.

Presiden Jokowi menginginkan segala persiapan dilakukan dengan maksimal agar sidang kabinet dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan di IKN.

Baca Juga: Prabowo Konfirmasi akan Hadir Sidang Kabinet Perdana di IKN