Rusia Bombardir 4 Kawasan Ukraina, 7 Orang Dikabarkan Tewas

Pada Sabtu (14/9), serangan Rusia di Ukraina menewaskan tujuh orang di Zaporizhzhia, Odesa, Kherson, dan Kharkiv.

Rusia Bombardir 4 Kawasan Ukraina, 7 Orang Dikabarkan Tewas
Rusia Bombardir 4 Kawasan Ukraina, 7 Orang Dikabarkan Tewas. Gambar : AP photo/Representational

BaperaNews - Serangan Rusia di empat wilayah Ukraina pada Sabtu (14/9) menewaskan setidaknya tujuh orang. Serangan ini menghantam Zaporizhzhia, Odesa, Kherson, dan Kharkiv, dengan korban jiwa dari kalangan warga sipil.

Gubernur Zaporizhzhia, Ivan Fedorov, melaporkan bahwa serangan Rusia mengenai sebuah bisnis agrikultur di kota Huliaipole, menewaskan tiga orang yang merupakan karyawan perusahaan tersebut.

"Semua yang tewas adalah pegawai dari perusahaan tersebut," kata Fedorov melalui aplikasi Telegram. 

Di kota Odesa, serangan misil Rusia menewaskan pasangan suami istri berusia 66 dan 62 tahun. Seorang perempuan berusia 65 tahun juga terluka dalam serangan yang sama, menurut laporan dari pejabat setempat, Oleh Kiper.

Sementara itu, di Kherson, korban keenam dilaporkan tewas setelah mengalami luka parah dalam serangan sebelumnya.

"Seorang pria berusia 60 tahun yang sebelumnya mengalami luka parah akhirnya meninggal di rumah sakit," kata Gubernur Kherson, Oleksandr Prokudin.

Serangan juga terjadi di Kharkiv, di mana roket artileri Rusia jenis Tornado-S menghantam desa Pisky-Radkivski, menewaskan seorang perempuan berusia 72 tahun.

Baca Juga: Rusia Serang Perbatasan Ukraina, 2 Orang Dikabarkan Tewas dan 4 Lainnya Terluka

"Jenazah perempuan itu dievakuasi dari reruntuhan," ungkap Gubernur Kharkiv, Oleh Syniehubov.

Selain itu, dua orang lainnya, seorang pria dan perempuan, terluka dan sudah dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan.

Serangan Rusia di Ukraina terus meningkat, dengan empat kawasan utama yang menjadi target pada Sabtu ini.

Zaporizhzhia, salah satu wilayah yang dihantam, merupakan daerah strategis karena posisinya di tenggara Ukraina dan kedekatannya dengan front pertempuran.

Kota Huliaipole, yang menjadi sasaran serangan, dikenal sebagai pusat agrikultur dan memiliki infrastruktur penting bagi ekonomi lokal. Tiga pekerja perusahaan agrikultur tewas akibat serangan tersebut, yang semakin memperparah kondisi di wilayah yang sudah terdampak perang berkepanjangan.

Kherson, wilayah lain yang terdampak, telah menjadi medan pertempuran sejak awal invasi Rusia ke Ukraina pada 2022. Meski sempat direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada 2022, serangan Rusia terus berlanjut. 

Di Kharkiv, serangan artileri Tornado-S menghantam desa Pisky-Radkivski, mengakibatkan korban jiwa di kalangan warga lanjut usia. Selain menewaskan seorang perempuan berusia 72 tahun, dua orang lainnya terluka akibat runtuhan bangunan. 

Baca Juga: Staff Reuters Tewas dalam Serangan Rusia di Hotel Ukraina