Profil Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Baru yang Dilantik Jokowi

Berikut Biodata dan Profil lengkap Zulkiffli Hasan yang dilantik Jokowi menjadi Menteri Perdagangan Baru 2022

Profil Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Baru yang Dilantik Jokowi
Biodata dan Profil lengkap Zulkiffli Hasan yang dilantik Jokowi menjadi Menteri Perdagangan Baru 2022. Gambar : Antara/Dok. Dhemas Reviyanto

BaperaNews - Zulkifli Hasan resmi dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi Menteri Perdagangan yang baru menggantikan Muhammad Luthfi, Pelantikan tersebut dilakukan oleh Jokowi di Istana Kepresidenan pada Rabu (15/6) Siang Pukul 13:30 WIB.

Bagi kamu yang bertanya siapa itu Zulkifli Hasan dan ingin tahu soal profilnya, Berikut baperanews.com rangkum untuk Anda.

Profil Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan baru Kabinet Indonesia Maju 2022 :

Zulkifli Hasan memiliki nama lengkap : Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. 

Zulkifli Hasan lahir di Lampung Selatan pada 17 Mei 1962, ia juga merupakan mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014–2019 dalam era kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla. Tak hanya itu,  beliau juga pernah menjabat Menteri Kehutanan Republik Indonesia (Menhut RI) menggantikan Malem Sambat Kaban, yaitu sejak 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014. Sebagaimana di rangkum baperanews.com

Bisa dibilang karir politik Zulkifli Hasan sebetulnya sudah dibangun sejak lama, terbukti ia pernah menjadi Anggota DPR-RI selama tahun 20042009.

Baca Juga : Jokowi Reshuffle Menteri : Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan

Selain itu, Zulkifli Hasan juga merupakan Ketua Partai Amanat Nasional (Ketua PAN). 

Riwayat pendidikan Zulkifli Hasan : 

  • SMA : SMA Negeri 53 Jakarta.
  • Sarjana (S1), Lulus Tahun 1996 : Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris).
  • Magister (S2), Lulus Tahun 2003 : Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta

Tak hanya itu, Menteri baru Jokowi ini telah dua kali menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa), yaitu yang pertama untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University (Seoul, Korea) dan yang kedua untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang.

Keluarga Zulkifli Hasan : 

Istri : Soraya

Anak :

  1. Futri Zulya Savitri
  2. Zita Anjani
  3. Ray Zulham Farras Nugraha
  4. M. Rafi Haikal

Zulkifli Hasan memiliki Istri bernama Soraya dan 4 orang anak, itulah dia Biodata Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan Baru yang dilantik Jokowi yang saat ini resmi menjadi salah satu Menteri Kabinet Indonesia Maju 2022/2023.