Perusahaan AI Kenalkan GPT-4 Turbo, Diklaim Punya Informasi Hingga 2023

OpenAI mengubah permainan kecerdasan buatan dengan GPT-4 Turbo, memberikan pembaruan dataset hingga April 2023.

Perusahaan AI Kenalkan GPT-4 Turbo, Diklaim Punya Informasi Hingga 2023
Perusahaan AI Kenalkan GPT-4 Turbo, Diklaim Punya Informasi Hingga 2023. Gambar : AFP/MARCO BERTORELLO

BaperaNews - OpenAI, perusahaan pengembang kecerdasan buatan, memperkenalkan model bahasa terbaru mereka, GPT-4 Turbo.

Berbeda dengan pendahulunya, GPT-4 Turbo tidak hanya memberikan kemampuan lebih besar kepada pengguna korporat dan pengembang, tetapi juga menawarkan keunggulan informasi.

Diupdate dengan dataset hingga April 2023, GPT-4 Turbo memberikan jawaban dan informasi terkini yang mencakup peristiwa hingga batas waktu tersebut.

Model sebelumnya, GPT-4, hanya dibuat dengan data hingga September 2021, menyebabkan keterbatasan dalam memberikan informasi terkini.

CEO OpenAI, Sam Altman, menyampaikan bahwa kebutuhan akan pengetahuan yang lebih mutakhir telah dijawab oleh GPT-4 Turbo. Kemampuan multimodalnya memungkinkan penerimaan input dalam jumlah yang signifikan lebih besar, mencapai 128.000 token atau setara dengan teks 300 lembar.

Baca Juga : OpenAI Luncurkan DALL-E 3, Bisa Buat Gambar Via ChatGPT

Selain itu, model ini bisa merangkum satu buku utuh dan menghasilkan output dalam bentuk suara dengan enam pilihan preset suara.

Kelebihan GPT-4 Turbo tidak hanya terletak pada kemampuannya yang lebih mutakhir, tetapi juga pada harganya yang lebih terjangkau.

OpenAI mengklaim bahwa biaya penggunaan GPT-4 Turbo menjadi hingga tiga kali lebih murah dibandingkan versi sebelumnya. Dengan biaya 0,01 dollar AS per 1.000 token input atau sekitar 750 kata, model ini menjadi lebih accessible bagi pengembang.

Biaya output juga dikenai dengan harga yang kompetitif, yakni 0,03 dollar AS per 1.000 token. GPT-4 Turbo sudah tersedia dalam bentuk preview untuk para pengembang dan akan dirilis secara resmi dalam beberapa pekan ke depan.

Tak hanya GPT-4 Turbo, OpenAI juga memperkenalkan DALL-E 3 dan 3 GPTs, versi khusus dari ChatGPT yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Dengan GPTs, pembuatan model AI versi sendiri menjadi lebih mudah tanpa memerlukan pengetahuan coding.

OpenAI bahkan meluncurkan toko digital yang memungkinkan pengguna membagikan hasil kustomisasi artificial intelegence mereka. Dalam toko ini, GPTs dapat dicari, diunduh, dan bahkan dinilai oleh pengguna lain.

Baca Juga : Hore! Google Photos Kini Bisa Backup Foto RAW