Keseringan Susah Tidur? Ini Trik Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Keseringan susah tidur? Terdapat beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang bisa kamu coba agar tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas. Simak tips atasi insomia paling ampuh!

Keseringan Susah Tidur? Ini Trik Mengatasi Insomnia Paling Ampuh
Cara mengatasi Insomnia paling ampung agar tidak keseringan susah tidur. Gambar : Unsplash.com/Dok. Alexandra Gorn

BaperaNews - Salah satu tanda kamu mengalami insomnia yaitu merasa gelisah dan susah tidur. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang bisa kamu coba agar tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan begitu, produktivitas kamu sehari-hari pun tidak terganggu. 

Insomnia adalah suatu kondisi dimana penderitanya susah tidur atau tidak bisa tidur sama sekali, walaupun memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat.  Mengkonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur, stress, depresi, dan gangguan cemas yang berlebih bisa menyebabkan kamu mengalami insomnia.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia : 

  1. Luangkan waktu untuk relaksasi 

Terdapat beberapa metode relaksasi sebelum tidur yang bisa kamu coba, misalnya melakukan yoga atau pilates. Kegiatan tersebut bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga kamu pun akan mudah terlelap. 

  1. Hindari Stress & Usahakan untuk terus berpikir positif 

Stress, cemas serta khawatir berlebih menjadi faktor utama dalam insomnia. Untuk itu, cobalah selalu berpikir positif agar pikiran kamu bisa lebih tenang. Kamu juga bisa melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran. 

Baca Juga : Bangun Tidur Masih Merasa Kantuk? Ini Alasan Kenapa Kamu Terus Kelelahan

  1. Hindari konsumsi minuman beralkohol & berkafein 

Mengkonsumsi minuman beralkohol, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur dapat menyebabkan kamu susah tidur saat malam hari. Oleh karena itu kamu perlu menghindarinya.

Minuman- minuman tersebut bisa membuat kamu susah tidur di malam hari. Kamu bisa menggantinya dengan susu atau air putih supaya lebih sehat. 

  1. Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Kebanyakan orang yang merasa susah tidur karena bekerja, bermain game dan melakukan berbagai aktivitas lain di kamar tidurnya. Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan sleep hygiene agar bisa lebih mudah tidur.

Caranya yaitu dengan menempatkan meja belajar, komputer, dan televisi di luar kamar tidur, serta mengatur suhu dan menyesuaikan pencahayaan agar kamar terasa nyaman untuk tidur. 

  1. Batasi Tidur Siang & Terapkan gaya hidup sehat

Walaupun tidur siang tampaknya merupakan cara yang tepat untuk mengejar ketinggalan atau kekurangan tidur, tapi tidak selalu demikian. Sangat penting untuk membangun dan mempertahankan pola tidur yang teratur.

Tidur siang sangat mempengaruhi kualitas tidur malam kamu, apabila kamu terlalu lama tidur siang maka kemungkinan pada saat malam hari kamu akan jadi susah tidur

Penerapan gaya hidup sehat juga penting untuk dilakukan.

Pola hidup sehat bisa kamu lakukan  dengan mengatur pola makan, mengurangi stres, dan berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Kamu bisa mencoba yoga, jogging maupun berenang, karena hal tersebut bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur kamu.

Baca Juga : Penyebab Kenapa Kamu Sulit Buang Air Besar Ketika Berpergian Dan Liburan