Kesal Gaji Tak Dibayar, Petugas Kebersihan Buang 20 Ton Sampah di Kantor Bupati

Petugas kebersihan membuang 20 ton sampah di depan kantor Bupati Maluku karena kesal gaji tak dibayar selama 6 bulan berturut turut.

Kesal Gaji Tak Dibayar, Petugas Kebersihan Buang 20 Ton Sampah di Kantor Bupati
Petugas Kebersihan Buang 20 Ton Sampah di Kantor Bupati Maluku. Gambar : RakyatMaluku.com

BaperaNews - Aksi protes dilakukan oleh belasan petugas kebersihan di halaman kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Maluku pada Senin (20/11) pagi.

Protes ini dipicu karena gaji petugas kebersihan tersebut tidak diberikan selama enam bulan berturut-turut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Belasan petugas kebersihan yang kesal dengan situasi ini mengarahkan truk pengangkut sampah seberat 20 ton ke depan kantor Bupati Maluku sebagai bentuk unjuk rasa.

Salah satu petugas kebersihan berinisial M menyampaikan rasa kecewa mereka karena selama enam bulan tidak menerima gaji yang seharusnya. Upah yang belum dibayarkan tersebut membuat mereka terpaksa membuang sampah di depan kantor Bupati Maluku sebagai bentuk protes.

"Tidak hanya soal gaji, kami juga menagih hak-hak kami yang belum ditunaikan oleh Pemda, seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Ada rekan kami yang mengalami kecelakaan, namun tidak mendapatkan bantuan apapun," ungkap M.

Baca Juga : Viral Jalan Keramik di Medan Buat Pemotor Terpeleset, Netizen: Fungsinya Apa?

Aksi protes ini diunggah oleh akun Instagram @memomedsos, memperlihatkan kantor Bupati Maluku yang dipenuhi tumpukan sampah akibat aksi tersebut. Puluhan ton sampah diangkut menggunakan empat truk menuju halaman kantor Bupati Maluku, menciptakan pemandangan yang mencolok.

Sebelum melancarkan aksi tersebut, petugas kebersihan telah berupaya berkomunikasi dengan Bupati dan dinas lingkungan hidup. Namun, keluhan mereka tidak mendapat tanggapan dari pemerintah daerah, mendorong mereka untuk menggelar aksi protes ini sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap kondisi yang mereka alami.

Para petugas kebersihan yang terlibat dalam aksi protes ini berharap agar hak-hak mereka segera dibayarkan dan mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

@baperanews.com Petugas kebersihan membuang 20 ton sampah di depan kantor Bupati Maluku karena kesal gaji tak dibayar selama 6 bulan berturut turut. #viral #gajinunggak #dzolim ♬ Sad and lonely - MoppySound

Baca Juga : Viral Video SPBU Mewah Bak Hotel di Sukabumi, Ada Spot Instagrammable!