Kerap Dirusak, Kini Taman Pramuka Jadi Tempat Kumpul Minum Miras

Remaja di Jakarta Pusat menyalahgunakan Taman Pramuka Pasar Genjing dengan menggelar pesta minuman keras dan merusak fasilitas.

Kerap Dirusak, Kini Taman Pramuka Jadi Tempat Kumpul Minum Miras
Kerap Dirusak, Kini Taman Pramuka Jadi Tempat Kumpul Minum Miras. Gambar : RRI/Aditya Prabowo

BaperaNews - Taman Pramuka Pasar Genjing di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, yang seharusnya menjadi tempat rekreasi dan hiburan bagi warga, kini semakin sering menjadi sasaran aktivitas negatif.

Taman ini diketahui kerap digunakan oleh sejumlah oknum remaja sebagai tempat untuk menggelar pesta minuman keras (miras). Botol-botol bekas miras sering berserakan di sudut-sudut taman, dan fasilitas taman menjadi korban rusak akibat ulah mereka.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Hutan Kota Kecamatan Cempaka Putih, Yuni Rahayu, mengungkapkan keprihatinannya terhadap keadaan ini.

"Banyak laporan dari anak buah saya di lapangan. Ada aktivitas negatif yang kerap ada, remaja kumpul-kumpul menggunakan taman jadi tempat untuk minum minuman keras," ujar Yuni. 

Fasilitas taman, seperti lampu taman, sering menjadi target vandalisme, Tanaman-tanaman juga tak luput dari tindakan vandalisme ini. Bahkan, beberapa tanaman diketahui telah dibakar.

Baca Juga : Usai Minum Miras Pria di Sulsel Bakar Rumah Orang Tua dan Merambat ke Tetangga

Kegiatan negatif di taman ini cenderung meningkat terutama pada akhir pekan, terutama pada malam hari, dari hari Jumat hingga Minggu.

"Sudah sering kita perbaiki taman yang rusak, terus ganti lampu-lampu taman yang dipecah," ungkap Yuni Rahayu.

Para orang tua dan warga di sekitar wilayah taman berharap agar pihak berwenang dapat lebih tegas dalam mengatasi masalah ini. Mungkin diperlukan tindakan lebih lanjut, termasuk peningkatan pengawasan dan keamanan di sekitar taman, serta upaya edukasi terhadap para remaja agar sadar akan dampak buruk dari perilaku mereka terhadap fasilitas umum dan lingkungan.

Baca Juga : Ngamuk Ditinggal Pacar Nikah, Pemuda Ini Rusak Rumah Tetangga