Isu Mundur Kian Kencang, Sri Mulyani Pamer Foto Bareng Jokowi di Instagram

Sri Mulyani Indrawati merespons isu mundur dengan membagikan foto bersama Jokowi di Instagram. Langkah ini muncul setelah ekonom senior Faisal Basri menyebutnya sebagai menteri yang 'paling siap' untuk mundur.

Isu Mundur Kian Kencang, Sri Mulyani Pamer Foto Bareng Jokowi di Instagram
Foto Sri Mulyani bersama Jokowi di upload di Instagram saat isu Sri Mulyani mundur menguat. Gambar: Instagram @smindrawati

BaperaNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi isu yang berkembang tentang kemungkinan dirinya mundur dari Kabinet Indonesia Maju dengan memamerkan foto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Instagram. Tindakan ini muncul di tengah gencarnya spekulasi tentang sejumlah menteri yang dikabarkan siap mundur dari pemerintahan Jokowi-Maaruf Amin, termasuk Sri Mulyani.

Menurut informasi yang beredar, isu mundur Sri Mulyani muncul pertama kali dari ekonom senior Faisal Basri. Dalam sebuah pernyataan, Faisal menyebut Sri Mulyani sebagai sosok yang "paling siap" untuk meninggalkan kabinet, menyusul adanya kecemasan terkait kebijakan pemerintah yang dinilai tidak netral menjelang Pilpres 2024

Pernyataan tersebut diperkuat oleh Faisal Basri dalam acara Political Economic Outlook yang digelar PROGRESIF. Basri menegaskan bahwa Sri Mulyani dan beberapa menteri lain, termasuk Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menunggu momentum yang tepat untuk mundur. Basri menyebut bahwa para menteri ini, yang kebanyakan adalah teknokrat, memiliki nilai etik dan moral yang kuat, yang membuat mereka tidak nyaman dengan situasi politik saat ini.

Di sisi lain, pemerintah tampaknya menanggapi isu ini dengan tenang. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyatakan telah menghubungi sejumlah menteri yang diisukan siap mundur, termasuk Retno Marsudi. Menurut Budi, Retno saat itu tengah mempersiapkan diri untuk debat di Dewan Keamanan PBB terkait isu Gaza.

Baca Juga: Sri Mulyani & Dirut Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia Versi Forbes

Kabar ini terbantahkan setelah Sri Mulyani menjawab "Saya bekerja, saya bekerja" saat ditanya oleh wartawan di Istana Negara, Jumat (19/1), dan mengupload foto bersama Jokowi dengan caption "Kembali dari Davos, Langsung menghadiri 3 topik rapat internal,Di Istana Merdeka. Semoga Jumat anda barokah" tulis caption Sri Mulyani di Instagram.

Sementara itu, Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait isu mundurnya sejumlah menteri. Jokowi menyatakan bahwa dalam tahun politik, hal-hal yang berkaitan dengan politik menjadi lumrah. Beliau menegaskan bahwa seluruh menteri masih bekerja sesuai tugas dan fungsinya, dan rapat-rapat terbatas serta internal masih berlangsung secara rutin.

Dalam konteks yang lebih luas, spekulasi tentang mundurnya menteri bukanlah hal baru dalam sejarah politik Indonesia. Hal serupa terjadi pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, ketika sejumlah menteri mengundurkan diri. Fenomena ini menunjukkan dinamika politik yang sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pemerintahan.

Kabar terkait Sri Mulyani mundur bersama menteri lainnya telah menimbulkan diskusi luas di kalangan publik dan media. Di tengah berbagai spekulasi dan analisis, langkah Sri Mulyani memamerkan foto bersama Jokowi di media sosial menjadi pernyataan simbolis yang cukup signifikan. Hal ini bisa diinterpretasikan sebagai bentuk solidaritas atau bahkan penegasan posisi Sri Mulyani dalam kabinet saat ini.

Baca Juga: Perluas Intensif, Sri Mulyani Gratiskan Pajak Rumah Rp 5 Miliar!